IMPLEMENTASI PROGRAM CSR PT. MITRA ANEKA REZEKI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA BANJARSARI KECAMATAN PULAU RIMAU

Putri, Intan Nurmala (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM CSR PT. MITRA ANEKA REZEKI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA BANJARSARI KECAMATAN PULAU RIMAU. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi Intan Nurmala Putri (2020505011).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi CSR dari PT. Mitra Aneka Rezeki (MAR) terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Banjarsari serta mengetahui faktor pendukung implementasi program CSR di Desa Banjarsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan desriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya perusahaan ini dalam upaya meningkatkan kesejahteraan telah mengimplementasikan program CSR melalui empat bidang yaitu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan. Dalam bidang pendidikan perusahaan sudah cukup baik dengan upayanya memperbaiki fasilitas penunjang pendidikan seperti memperbaiki lapangan sekolah, dalam bidang kesehatan pun sudah cukup baik yaitu dengan menyediakan ambulance dan dokter gratis. Selanjutnya dalam bidang ekonomi kurang mampu dalam mensejahterakan masyarakat karena masih banyak masyarakat yang belum merasakan dampak kegiatan CSR dari segi bantuan ekonomi terutama konsumsi, seperti bantuan paket sembako murah yang jumlahnya terbatas sehingga tidak semua masyarakat merasakan manfaatnya. Namun dalam bidang lingkungan program ini sudah cukup baik dengan mengolah limbah dengan tepat serta membantu memperbaiki akses jalan utama masyarakat sehingga akan mempermudah setiap kegiatan masyarakat setempat. Kemudian faktor pendukung kegiatan CSR di Desa Banjarsari adalah dukungan dari pimpinan perusahaan yang mudah dalam memberikan anggaran dana CSR serta partisipasi pemerintah dan antusias pemerintah dan masyarakat desa dalam berpartisipasi untuk membantu mempersiapkan tempat, mengawasi, mengarahkan, serta hadir dalam setiap kegiatan CSR yang diadakan oleh perusahaan. Kata Kunci: CSR, Kesejahteraan, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: CSR, Kesejahteraan, Masyarakat.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: INTAN NURMALA PUTRI 2020505011
Date Deposited: 05 Jul 2024 01:08
Last Modified: 05 Jul 2024 01:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38791

Actions (login required)

View Item View Item