PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASIPOLITIKMASYARAKATMENJELANG PEMILU 2024 (Studi Kasus di Desa Regan Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Periode 2020-2025)

Fadila, Nurul (2024) PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASIPOLITIKMASYARAKATMENJELANG PEMILU 2024 (Studi Kasus di Desa Regan Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Periode 2020-2025). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Nurul Fadila 2030702095.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Partisispasi politik merupakan salah satu bentuk keterlibatan masyarakat dalam penentuan perkembangan suatu negara. Partisispasi berasal dari keinginana masing-masing individu. Namun, rendahnya tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan umum terdahulu membuat permasalahan dalam pemahaman politik dimasyarakat. Membuat diperlukannya upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat. Partisispasi masyarakat sangat dibutuhkan, membuat Badan Permusyawaratan Desa ikut mengambil alih peran dalam peningkatan partisipasi politik masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran yang dilakukan dalam upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat dan kendala yang dihadapi dalam upaya peningkatan partisipasi politik masyarakat. Teori yang digunakan adalah teori peran (role theory). Penelitian ini mengunankan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung di lokasi penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peran yang dilakukan Badan Permusyawaratan Desa dalam peningkatan partisipasi masyarakat yaitu dengan melakukan sosialisasi politik dan pendidikan politik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan dengan mendapatkan kendala difaktor pendidikan, ekonomi, dan faktor di luar fungsi Badan Permusyawaratan Desa. Dengan bukti adanya peningkatan partisipasi politik masyarakat pada pemilu 2024 menunjukan peran yang dilakukan Badan Permusyawaratan Desa memiliki pengaruh dimasyarakat. Kata Kunci : BPD, Partisipasi Politik, Pemilihan Umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:41
Last Modified: 16 Jul 2024 02:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39171

Actions (login required)

View Item View Item