PENGARUH PRESTISE DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UIN RADEN FATAH BEKERJA DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

Pradana, Ismi Oktavia Kartika (2024) PENGARUH PRESTISE DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UIN RADEN FATAH BEKERJA DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG). Pengaruh Prestise dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Fatah Bekerja di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang), 1 (3). pp. 237-249. ISSN e-ISSN:3046-9260, p-ISSN: 3046-871X

[img] Text
Artikel_Ismi Oktavia Kartika Pradana.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestise dan lingkungan sosial terhadap minat mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Fatah Palembang untuk bekerja di bank syariah. Prestise dan lingkungan sosial merupakan dua faktor yang diduga berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk bekerja di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel icendental sampling dengan menggunakan rumus slovin didapatkan 93 sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui SmartPls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Prestise diperoleh nilai t-statistik 4,349 > 1.96 dengan nilai p-value sebesar 0,000 < kurang dari tingkat signifikansi 0,05, sehingga dapat dijelaskan bahwa prestise berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dan variabel Lingkungan Sosial diperoleh nilai t-statistik 2,931 > 1.96 dengan nilai p-value sebesar 0,004 < kurang dari tingkat signifikansi 0,05, sehingga dapat dijelaskan bahwa Lingkungan Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk bekerja di bank syariah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prestise dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap minat mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Fatah Palembang untuk bekerja di bank syariah. Semakin tinggi prestise suatu pekerjaan dan semakin mendukung lingkungan sosialnya, maka semakin tinggi minat mahasiswa untuk bekerja di bank syariah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sosial, Minat Mahasiswa, Perbankan Syariah, Prestise
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ISMI OKTAVIA KARTIKA PRADANA 2020603110
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:14
Last Modified: 19 Jul 2024 01:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39227

Actions (login required)

View Item View Item