EFEKTIVITAS ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) SEBAGAI AGEN FITOREMEDIASI PADA AIR LIMBAH KEGIATAN LAUNDRY DI PALEMBANG

Fitria, Raden Ayu Annisa (2024) EFEKTIVITAS ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) SEBAGAI AGEN FITOREMEDIASI PADA AIR LIMBAH KEGIATAN LAUNDRY DI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover.pdf

Download (105kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Munculnya industri pencucian di daerah perkotaan terutama kota palembang, dapat menimbulkan efek samping negatif karena sebagian besar laundry ini membuang limbah mereka langsung ke saluran pembuangan atau badan air sebelum melalui diolah sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan karena dalam limbah tersebut mengandung bahan pencemar antara lain yaitu kandungan Fosfat, TSS dan Surfaktan. Pengolahan yang tergolong mudah adalah dengan metode fitoremediasi tanaman eceng gondok. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas tanaman eceng gondok (Eichhornia crassipes) dalam menurunkan kadar fosfat, TSS, dan Surfaktan yang terkandung dalam limbah cair dari kegiatan laundry di Palembang dan mengetahui pengaruh jumlah tanaman dan pengaruh hari penelitian tanaman eceng gondok (Eichhornia crassipes) terhadap penurunan kualitas limbah laundry. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik analisis ragam two way anova menyatakan bahwa parameter Fosfat variasi waktu lamanya penelitian berpengaruh sangat nyata terhadap penurunan kadar Fosfat yang dinyatakan nilai signifikansi ρ = 0,027 < 0,05 . Pada parameter TSS, surfaktan dan pH variasi jumlah tanaman eceng gondok (Eichhornia crassipes) berpengaruh sangat nyata, yang dinyatakan dengan nilai signifikansi ρ = 0,01 < 0,05 (TSS), nilai signifikansi ρ = 0,002 <0,05 (surfaktan) dan nilai signifikansi ρ = 0,082 <0,05 (pH). Berdasarkan hasil efektivitas tanaman eceng gondok (Eichhornia crassipes) dalam penurunan konsentrasi Fosfat, TSS, surfaktan dan parameter pendukung pH pada limbah cair laundry selama 9 hari, mendapatkan hasil sebagai berikut, pada parameter fosfat 5,018 menjadi 1,99 dengan penurunan sebesar 60,3%, parameter TSS 80 menjadi 39 dengan penurunan 51,2%, parameter surfaktan 2,05 menjadi 1,53 dengan penurunan sebesar 25,3%, kadar pH 13,12 menjadi 6,63. Adapun jumlah optimum tanaman eceng gondok mampu menurunkan kadar Fosfat, TSS, dan Surfaktan sesuai dengan baku mutu yaitu dengan jumlah 10 tanaman eceng gondok. Adapun waktu optimum bagi tanaman eceng gondok untuk mengurangi kadar Fosfat, TSS (Total Suspended Solids), dan pH dalam air limbah laundry sesuai dengan baku mutu yaitu pada hari ke 9.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Fitoremediasi, Eceng Gondok, Fosfat, TSS, Surfaktan, pH
Subjects: Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: RADEN AYU ANNISA FITRIA 2030801030
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:19
Last Modified: 18 Jul 2024 02:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39319

Actions (login required)

View Item View Item