Tradisi Sangkol Dalam Adat Perkawinan Di Desa Modong Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Ditinjau Dari Hukum Keluarga Islam

Fitriani, Riza (2024) Tradisi Sangkol Dalam Adat Perkawinan Di Desa Modong Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Ditinjau Dari Hukum Keluarga Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Skripsi ini berjudul “Tradisi Sangkol Dalam Adat Perkawinan Di Desa Modong Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Ditinjau dari Hukum Keluarga Islam”. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena tradisi sangkol yang ada di Desa Modong Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim yang dipercaya masyarakat setempat akan membawa kemaslahatan dalam berumah tangga. Adapun penelitian ini bertujuan untuk pertama untuk mengetahui bagaimana praktik pelaksanaan tradisi sangkol dalam adat perkawinan di Desa Modong Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Dan yang kedua untuk melakukan analisis hukum keluarga Islam yang terkandung dalam tradisi sangkol tersebut. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris (studi lapangan) dengan analisis deskriptif kulaitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu Kepala Desa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan beberapa pasangan yang pada saat pernikahannya dilakukan tradisi sangkol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Objek penelitiannya yaitu tradisi sangkol yang ada di Desa Modong Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi sangkol dilaksanakan berawal dari ketika nenek moyang terdahulu menikahkan keturunannya dengan cara disangkol apabila pengantin perempuan datang pertama kali kerumah pengantin lakilaki setelah sah menjadi istri. Pada setiap tahapan yang dilakukan tradisi sangkol ini mengandung makna budaya, berupa bahasa, gerak dan doa-doa yang mempunyai arti dan sesuai dengan nilainilai Islam yang memiliki fungsi spiritual, fungsi sosial dan fungsi individual bagi kedua pasangan itu. Sehingga tidak berseberangan dengan hukum keluarga Islam yaitu maslahah mursalah dan sesuai dengan kelima tujuan hukum Islam yaitu aspek pemeliharaan agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Kata kunci: Hukum Keluarga Islam, Maslahah Mursalah, Perkawinan, Tradisi Sangkol.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: RIZA FITRIANI 2020101056
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:46
Last Modified: 22 Jul 2024 01:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39420

Actions (login required)

View Item View Item