PENGARUH VOUCHER DISKON, PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM DAN SISTEM CASHBACK SELLER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SHOPEE DI GROUP CHAT TELEGRAM

Sartika, Dinda Okta (2024) PENGARUH VOUCHER DISKON, PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM DAN SISTEM CASHBACK SELLER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SHOPEE DI GROUP CHAT TELEGRAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER_Skripsi Dinda Okta Sartika (2020602109).pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Skripsi Dinda Okta Sartika (2020602109).pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I_Skripsi Dinda Okta Sartika (2020602109).pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II_Skripsi Dinda Okta Sartika (2020602109).pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III_Skripsi Dinda Okta Sartika (2020602109).pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_Skripsi Dinda Okta Sartika (2020602109).pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V_Skripsi Dinda Okta Sartika (2020602109).pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Skripsi Dinda Okta Sartika (2020602109).pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Kenyamanan dan kecepatan menjadikan belanja online sebagai pilihan popular di kalangan konsumen Indonesia. Serta banyaknya penawaran berupa voucher diskon dan promo gratis ongkos kirim yang ditawarkan marketplace shopee dan strategi seller berupa sistem cashback seller menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana voucher diskon, promo gratis ongkos kirim, dan sistem cashback seller mempengaruhi keputusan pembelian pada pengguna shopee di group chat Telegram. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif berdasarkan penelitian survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, melalui rumus hair et al diperoleh sebanyak 144 responden yang merupakan pengguna shopee yang tergabung dalam group chat telegram dengan metode pengumpulan data melalui google formulir. Analisis berganda dan deskriptif, uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, serta uji asumsi klasik seperti heteroskedastisitas, multikolinearitas, dan normalitas merupakan bagian dari analisis data. Uji R2, uji f, dan uji t merupakan komponen rangkaian pengujian hipotesis. Hasil dalam penelitian ini adalah berdasarkan uji statistik t diketahui bahwa variabel voucher diskon (X1) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee, dengan t hitung 6,067 > t tabel 1,977 dan nilai signifikansinya yaitu 0,000 < 0,05. Variabel promo gratis ongkos kirim memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan t hitung 5,137 > t tabel 1,977 dan nilai signifikansinya yaitu 0,000 < 0,05. Variabel sistem cashback seller memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan t hitung 3,582 > t tabel 1,977 dan nilai signifikansinya yaitu 0,000 < 0,05. Dan terakhir, melalui uji statistik f secara bersamaan diketahui semua variabel voucher diskon, promo gratis ongkos kirim dan sistem cashback seller memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan f hitung 112,857 > f tabel 2,67 dan nilai signifikansinya yaitu 0,000 < 005. Hal ini juga ditunjukkan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,701 atau 70,1% yang menunjukkan bahwa keputusan pembelian di marketplace Shopee dipengaruhi oleh voucher diskon, promo gratis ongkos kirim, dan sistem cashback seller. Kata Kunci: Voucher Diskon, Promo Gratis Ongkos Kirim, Sistem Cashback Seller, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Voucher Diskon, Promo Gratis Ongkos Kirim, Sistem Cashback Seller, Keputusan Pembelian
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: DINDA OKTA SARTIKA 2020602109
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:21
Last Modified: 23 Jul 2024 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39464

Actions (login required)

View Item View Item