PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN BIAYA PASIEN YANG DITIMBULKAN OLEH TUKANG GIGI TRADISIONAL PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI MAKARTI JAYA)

Hasanah, Lailatul (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN BIAYA PASIEN YANG DITIMBULKAN OLEH TUKANG GIGI TRADISIONAL PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI MAKARTI JAYA). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Skripsi Lailatul Hasanah_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya praktek tukang gigi di Kecamatan Makarti Jaya yang menimbulkan kerugian bagi konsumen. Jenis penelitian empiris dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen. Rumusan masalah (1) Apakah penyebab konsumen di Kecamatan Makarti Jaya menggunakan pelayanan tukang gigi? (2) Bagaimanakah penerapan tanggung jawab yang dilakukan tukang gigi jika menimbulkan kerugian biaya di Kecamatan Makarti Jaya? (3) Bagaimanakah pandangan hukum ekonomi syariah terhadap adanya kerugian yang dialami pasien yang ditimbulkan dari praktek tukang gigi tradisional di Kecamatan Makarti Jaya?. Maka dalam skripsi ini disimpulkan (1) Penyebab konsumen di Kecamatan Makarti Jaya menggunakan pelayanan tukang gigi karena terbatasnya sarana pelayanan kesehatan, kurangnya pemahaman masyarakat, kepercayaan terhadap hasil kerja tukang gigi, waktu tunggu, jarak tempuh serta biaya yang terjangkau. (2) Penerapan tanggung jawab yang dilakukan tukang gigi jika menimbulkan kerugian biaya di Kecamatan Makarti Jaya dilakukan selama kerugian tersebut memang terbukti kesalahan tukang gigi dengan mengembalikan uang yang sudah dibayarkan oleh konsumen serta memberikan biaya pengobatan. Namun konsumen tidak mendapatkan ganti rugi apabila kesalahan tukang gigi dianggap tidak terbukti dan tukang gigi tidak mengakui jika kerugian konsumen disebabkan olehnya. (3) Pandangan hukum ekonomi syariah terhadap fenomena adanya kerugian yang dialami pasien yang ditimbulkan dari praktek tukang gigi tradisional di Kecamatan Makarti Jaya adalah wajib untuk diberikan ganti rugi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Gigi, Kerugian, Konsumen
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: LAILATUL HASANAH 2020104068
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:37
Last Modified: 24 Jul 2024 01:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39499

Actions (login required)

View Item View Item