STRATEGI PROMOSI JASA MAKE UP ARTIST SEBAGAI BAGIAN INDUSTRI KREATIF HALAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA AKUN @MONIKAASHARI)

Juliantari, Moresta and Zaky Maulana, Chandra and Aryanti, Aryanti (2024) STRATEGI PROMOSI JASA MAKE UP ARTIST SEBAGAI BAGIAN INDUSTRI KREATIF HALAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA AKUN @MONIKAASHARI). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Moresta Juliantari_Skripsi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Monika Ashari merupakan bisnis dalam bidang jasa make up artist. Peneliti memilih Monika Ashari dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi dalam media sosial Instagram dan faktor pendukungnya sebagai bagian dari industri kreatif halal. Penelitian ini mendeskripsikan bentuk strategi promosi di dalam media sosial instagram yang digunakan oleh Monika Ashari. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara yang berupa beberapa daftar pertanyaan dan juga dokumentasi berupa foto kegiatan. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengacu pada teori integrated marketing Communication (IMC) yang diusulkan oleh Don Schultz pada tahun 1989. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Monika Ashari menerapkan strategi promosi yang mengandung promotion mix yang berisi Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion) menerapkan promosi melalui media sosial instagram, dan Publikasi (Publication), yang mempengaruhi konsumen melalui konten yang menarik, (Personal Selling) komunikasi langsung antara MUA dengan calon konsumen. Dengan di dukung oleh faktor pendukung seperti konten, konsistensi posting, dan komunitas membuat media sosial instagram sebagai tempat untuk membagikan konten yang menarik dan kreatif untuk menarik perhatian konsumen sebagai upaya peningkatan minat beli konsumen. Hasil penetilitan ini mengungkapkan strategi promosi dan faktor pendukung keberhasilan promosi MUA Monika Ashari sebagai bagian industri kreatif halal melalui media sosial Instagram dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Media Sosial Instagram, Minat Beli Konsumen
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi keuangan
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MORESTA JULIANTARI 2030602177
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:15
Last Modified: 29 Jul 2024 01:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39558

Actions (login required)

View Item View Item