TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGUASAAN HAK MILIK TANAH TANPA IZIN (Studi Kasus Di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Komering Ilir)

Dwi Astuti, Linda (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGUASAAN HAK MILIK TANAH TANPA IZIN (Studi Kasus Di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Komering Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (668kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Penguasaan Hak Milik Tanah Tanpa Izin di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tanah memiliki peran begitu penting pada tiap kehidupan serta usaha manusia maka memungkinkan akan timbul sengketa, mengenai hak terhadap tanah. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin menguasai atau memanfaatkan tanah tanpa adanya persetujuan pemilik tanah tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. Faktor apakah yang melatarbelakangi Penguasaan Hak Milik Tanah tanpa Izin di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Komering Ilir? 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Penguasaan Hak Milik Tanah tanpa Izin di Desa Tanjung Seteko Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Komering Ilir? Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan populasi yaitu 94 orang dan sampel yaitu 9 orang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. faktor apakah yang melatarbelakangi penguasaan hak milik tanpa izin di Desa Tanjung Seteko yaitu faktor rendahnya pemahaman penguasaan tanah tanpa izin, faktor ekonomi dan faktor kelalaian pemilik tanah. 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penguasaan hak milik tanah tanpa izin di Desa Tanjung Seteko hukumnya haram dan tidak diperbolehkan karena termasuk perbuatan Ghasab. Karena telah menguasai tanah milik orang lain tanpa adanya hak. Dalam Hukum Ekonomi Syariah penguasaan hak milik tanpa izin di Desa Tanjung Seteko yaitu tidak memenuhi Prinsip Keadilan dan Prinsip Maslahat. Perbuatan yang dilakukan pengelola tanah menimbulkan ketidakadilan kepada pemilik tanah, serta tanah tersebut tidak memberikan manfaat dari segi pemilik tanah maupun masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tanah, Penguasaan Hak Milik, Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:55
Last Modified: 05 Aug 2024 04:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39732

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item