Putri Dewi, 2020404017 and Syukri, Ahmad and Minako, Muchlis (2024) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK KPU KOTA PALEMBANG DALAM PEMBERDAYAAN RUMAH PINTAR PEMILU. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SIAP_CETAK_PUTRI_DEWI12345[1].pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini menyoroti strategi komunikasi politik KPU Kota Palembang dalam pemberdayaan Rumah Pintar Pemilu dengan sasaran utama pada pemilih pemula, kelompok marginal, dan pemilih perempuan. Meskipun Rumah Pintar Pemilu memiliki sasaran dalam programnya, Rumah Pintar Pemilu ini tetap ditujukan kepada masyarakat umum. Berdasarkan data yang diberikan oleh KPU Kota Palembang Program Rumah Pintar Pemilu ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari dalam seminggu, ada beberapa kalangan pengunjung yang datang terhadap program tersebut sekitar 16 mahasiswa, 69 pelajar, dan 25 umum Penelitian ini akan mengkaji strategi komunikasi politik KPU Kota Palembang dalam pemberdayaan Rumah Pintar Pemilu. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara. Data sekunder diambil dari dokumen terkait, seperti melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh instansi terkait), dokumen atau arsip yang didapatkan dari berbagai sumber, foto sebagai pendukung terkait dengan masalah strategi komunikasi politik KPU Kota Palembang dalam pemberdayaan Rumah Pintar Pemilu. Lokasi penelitian ini adalah Kantor KPU Kota Palembang. Berdasarkan hasil penulisan yang dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik KPU Kota Palembang dalam perberdayaan Rumah Pintar Pemilu telah dilakukan dengan berbagai strategi untuk meningkatkan partisipasi politik tentang kepemiluan dan demokrasi. Sosialisasi merupakan metode yang dilakukan oleh KPU Kota Palembang untuk menarik perhatian masyarakat terkait program Rumah Pintar Pemilu baik secara luring maupun melalui sosial media maupun website. KPU Kota Palembang menggunakan media sosial sebagai salah satu saluran komunikasi utama untuk mempromosikan dan mengenalkan konsep Rumah Pintar Pemilu kepada masyarakat. Penggunaan media sosial diharapkan dapat mencapai audiens yang lebih luas dan mempermudah akses informasi. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Politik, KPU Kota Palembang, Rumah Pintar Pemilu
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi Politik, KPU Kota Palembang, Rumah Pintar Pemilu |
Subjects: | 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam |
Depositing User: | PUTRI DEWI 2020404017 |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:09 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:09 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39868 |
Actions (login required)
View Item |