TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP JUAL BELI BARANG DENGAN HARGA DIBAWAH PASARAN (STUDI KASUS PADA PEDAGANG TELUR DI PASAR RETAIL JAKABARING PALEMBANG)

Okto Reina, Nur Fatoni (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP JUAL BELI BARANG DENGAN HARGA DIBAWAH PASARAN (STUDI KASUS PADA PEDAGANG TELUR DI PASAR RETAIL JAKABARING PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.doc

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (139kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (85kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh pelaku pengecer telur, setelah mendapatkan hasil dari seluruh yang dikumpulkan menjadi satu barang. Namun, penyuplai atau selaku distributor menyampaikan bahwa telur dapat dikembalikan ketika sudah mencapailebih dari lima puluh persent dari telur yang didapati sudah tak layak dijual, dan pengecer tidak mendapati lebih dari batas yang sudah ditentukan dari distributor. Maka dari ini muncul rumusan masalah yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah Mekanisme dalam penerapan harga telur dibawah pasaran pada pedagang telur di pasar retail jakabaring Palembang? (2) mengapa tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli telur dengan penerapan harga dibawah pasaran di pasar retail jakabaring Palembang? Metode penelitian ini merupakan penelitian Kualitatuf, yang menjelaskan Distributor menjualkan telur kepada pengepul dengan harga yang disepakati, kemudian pengepul menjualkan kepada pengecer ketika telur tiba. Pengecer melakukan penyortiran terhadap telur, namun apabila dari penjual mendapatkan telur yang datang dari suplyer sebagian terdapat yang tidak layak jual, namun masih dapat dikelola, salah satu menjadi solusi yaitu dengan penerapan harga telur dijual dengan harga yang cukup murah dan berbeda dari harga pada umumnya. Umumnya pembeli beranggapan barang yang tidak layak dipakai ataupun dikonsumsi. Suatu wirsausaha merupakan kegiatan melakukan suatu bisnis yang dikelola bersama baik itu dalam hal membayaran penyewaan tempat dan mempekerjakan orang untuk mengelola barang terhadap persaingan sebuah wirausaha dengan harapan suatu usaha akan berjalan lancar tanpa mengalami suatu kerugian. Seperti halnya dalam mekanisme penyortiran telur untuk dijual kepada konsumen dan terdapat bagian telur dengan harga murah dan harga normal. Kata Kunci: Tas'ir, Distributor, Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: Nur Fatoni Okto Reinaldi
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:30
Last Modified: 19 Aug 2024 08:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40147

Actions (login required)

View Item View Item