Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Zakat (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Muara Enim)

Hariansyah, Jagad (2024) Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pengelolaan Zakat (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
cover min.pdf

Download (504kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (276kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
dapus.pdf

Download (85kB)

Abstract

Pengelolaan zakat telah tumbuh setiap tahunnya. Hal ini ditandai dengan tumbuhnya banyak lembaga zakat yang dalam pengawasan pemerintah ataupun lembaga swadaya masyarakat. Namun karena luasnya perkembangan lembaga pengelola zakat yang ada di Indonesia, akhirnya penyelenggaraan zakat yang maksimal belum terwujud. Pengoptimalisasi penyelenggaraan zakat dapat tercapai jika di topang dengan pengelolaan yang benar. Konsep good governance merupakan salah satu konsep good governance karena mengutamakan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan atau kesetaraan. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah menganalisa penerapan prinsip good governance dalam pengelolaan zakat di BAZNAS Kabupaten Muara Enim. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa BAZNAS Kabupaten Muara Enim, telah menjalankan prinsip yang ada pada good governance dalam penyelengaraan zakatnya. Prinsip pada transparansi dan akuntabilitas dilakukan melalui penyediaan laporan bulanan atau tahunan secara berkala dan kesediaan laporan keuangan diaudit oleh auditor. Sedangkan penerapan prinsip tanggung jawab, keadilan dan pemerataan dilakukan dengan menjamin akuntabilitas kepada Muzaki dan Mustahik, serta mengoptimalkan penyaluran bantuan berupa suatu yang diperlukan dalam setiap kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Zakat, BAZNAS Kabupaten Muara Enim
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: JAGAD HARIANSYAH 1830604082
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:13
Last Modified: 21 Aug 2024 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40220

Actions (login required)

View Item View Item