TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMANFAATAN BARANG JAMINAN DI DALAM HUTANG PIUTANG (STUDI DI DESA LEBUNG ITAM KECAMATAN TULUNG SELAPAN)

Almalik, M. Aziz (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMANFAATAN BARANG JAMINAN DI DALAM HUTANG PIUTANG (STUDI DI DESA LEBUNG ITAM KECAMATAN TULUNG SELAPAN). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)

Abstract

ABSTRAK Praktek Gadai dengan pemanfaatan Barang Jaminan oleh Kreditur juga berlaku pada masyarakat Desa Lebung Itam Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir, dimana praktek gadai tanah kebun karet sudah menjadi tradisi sejak dahulu. Hal tersebut dilakukan semata-mata karena adanya kebutuhan yang sangat mendesak dan memerlukan dana secepatnya. Sedangkan proses gadai kebun karet tersebut dilakukan sangat sederhana, yaitu dengan datangnya Debitur kepada Kreditur untuk meminjam uang dengan jaminan berupa kebun karet. Dimana luas kebun karet, waktu pengembalian, dan jumlah uang gadai di tentukan berdasarkan kesepakatan dari kedua belah pihak. Kebun karet akan kembali ditangan debitur jika utang sudah dilunasi berdasarkan waktu yang telah ditentukan oleh kedua belah pihak. Jika dalam waktu tersebut debitur belum mampu melunasi, maka kebun karet akan tetap digarap oleh kreditur sampai utang dilunasi Dalam penulisan skripsi menggunakan penelitian lapangan (field research) karna penelitian ini dilakukan dilapangan yaitu tentang Pemanfaatan Barang Jaminan Di Dalam Hutang Piutang (Studi Di Desa Lebung Itam Kecamatan Tulung Selapan). Adapun untuk menganalisis data penulis menggunakan metode data primer dan sekunder, yakni metode analisis mendeskripsikan suatu situasi atau area populasi tertentu bersifat faktual secara langsung. Kesimpulan yang dapat diambil dari punulisan skripsi ini adalah bahwa dalam pemanfaatan barang jaminan bila di lihat adanya ketidaksesuaian yang terjadi antara pihak yang terlibat lahan yag menjadi jaminan pinjaman akan di gunanakan sepenuhnyoa oleh pemeberi pinjaman sehingga pemilik jaminan dalam hal ini pemberi jaminan tidak dapat mengupayakan kembanalai lahan yang menjai jaminan tersebut hingg peminjam tersebut dapat mengembalikan kembali pinjamannya. Dalam hal pinjam meminjam dengan barang jaminan lahan yang dilakukan di Desa Lebung Itam Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir sudah menjadi kebiasaaan masyarakat di des tersebut.. Kata Kunci : Pemanfatan jaminan Barang Jaminan, Hutan-Piutang, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemanfatan jaminan Barang Jaminan, Hutan-Piutang, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: M. AZIZ ALMALIK 1930104192
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:13
Last Modified: 21 Aug 2024 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40229

Actions (login required)

View Item View Item