ANALISIS SEMIOTIKA UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN BATAK PADA FILM NGERI-NGERI SEDAP

Seftiani, Wiranti (2024) ANALISIS SEMIOTIKA UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN BATAK PADA FILM NGERI-NGERI SEDAP. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Skripsi Wiranti Seftiani .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Film adalah alat komunikasi audio visual yang digunakan oleh pembuatnya untuk menyampaikan pesan. Mengingat beragamnya etnis dan suku di Indonesia, film harus memberikan informasi yang adil tentang budaya. Film Ngeri-Ngeri Sedap dirilis pada pertengahan tahun 2022. Film bergenre drama yang ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk berfokus pada konflik keluarga Batak Toba. Budaya Batak yang muncul sangat kompleks menjadikan film ini sangat diperdebatkan. Budaya Batak Toba yang digambarkan dalam film Ngeri-Ngeri Sedap adalah subjek penelitian ini. Pada penelitian ini menggunakan teori Roland Barthes yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer dari penelitian ini yaitu film Ngeri-Ngeri Sedap dan data sekunder didapat dari buku, jurnal dan internet. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa film Ngeri-Ngeri Sedap terbukti adanya unsur kebudayaan batak, serta makna denotasi yang terdapat dalam film yaitu makanan,adat istiadat dan Bahasa, konotasi membuat makna sebenarnya, dan mitos dalam film ini legenda danau toba, dan bukit holbung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: semiotika, roland barthes, film, kebudayaan batak
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: WIRANTI SEFTIANI 2010503003
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:01
Last Modified: 22 Aug 2024 08:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40367

Actions (login required)

View Item View Item