Rachim, M. Aziizir (2024) ANALISIS PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO SEBAGAI CAPRES DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @sahabatganjar2024. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Text
M.Aziizir Rachim 1930702057.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan dideklarasikannya Ganjar sebagai calon presiden tahun 2024 dan Ganjar Pranowo juga mempunyai akun relawan di Instagram yang bernama (sahabatganjar2024) yang telah aktif dari bulan November 2020 yg lalu dengan memiliki jumlah followers 98,4 ribu dengan 15,3 ribu postingan per 12 Oktober 2023. Ganjar Pranowo tidak hanya berinteraksi dengan masyarakatnya di Instagram, tetapi juga membawa ciri khasnya sendiri dalam aktivitasnya di media sosial serta yang menjadikannya berbeda dari politisi lain di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Ganjar Pranowo Sebagai cikal bakal calon presiden membentuk Personal brandingnya di media sosial Instagram @sahabatganjar2024.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan masuk kedalam jenis penelitian kepustakaan, data primer penelitian bersumber dari akun instagram @sahabatganjar2024, dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu telaah dokumen atau biasa yang disebut dengan dokumentasi, dan teknik analisis data reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh yaitu Akun instagram @sahabatganjar2024 menggunakan beberapa strategi dalam melakukan personal branding Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, yaitu: Pertama, branding awareness sebagai strategi yang menekankan pada ciri khas rambut putih yang dimiliki Ganjar, dan penyuka Rock N Roll. Kedua, Perceived Quality dengan menampilkan prestasi Ganjar selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama 2 periode. Ketiga, beberapa slogan yang digunakan yaitu “KTP Sakti” dan “Pilih yang Benar”, dan “Suara Gama”. Keempat, branding, loyalitas menampilkan kebersamaan dengan masyarakat Jawa Tengah sebagai bentuk pembuktian kepada masyarakat lain bahwa Ganjar telah berhasil menjadi sosok pemimpin yang memiliki kedekatan dengan masyarakat. Kelima, Other asset dalam akun instagram tersebut menampilkan tokoh lain sebagai pendukung branding yaitu Megawati dan Raden Ajeng Kartini. Kemudian personal branding dilakukan dengan beberapa konsep, yaitu: konsep kepemimpinan, konsep kepribadian, konsep perbedaan, konsep terlihat, konsep kesatuan, dan terakhir konsep maksud baik akun @sahabatganjar2024 memanfaatkan konsep tersebut untuk membranding sosok Ganjar dengan menunjukkan kepedulian kepada masyarakat. Kata Kunci: Personal Branding, Ganjar Pranowo
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FISIP |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:01 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:01 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40371 |
Actions (login required)
View Item |