Peren Home Industri Kopi Bubuk Robin Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Pancur Pungah Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan

Wulandari, Krestina (2024) Peren Home Industri Kopi Bubuk Robin Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Pancur Pungah Kecamatan Muaradua Kabupaten Oku Selatan. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
skripsi krestina fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Home industri adalah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan nya dipusatkankan dirumah.home industri home yang terletak di kelurahan Pancur Pungah Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan yaitu home industri Kopi Bubuk Robin yang di kelola oleh bapak Robin Dario sejak tahun 1990an, home industri ini masih beroperasi sampai sekarang. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Data yang dianalisis di dalamnya berbentuk deskriptif. Peran home industri kopi bubuk robin dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kelurahan Pancur Pungah Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan yaitu Menyerap tenaga kerja, yakni memberikan peluang dan memberdayakan para pekerja yang rata-rata berdomisili dari daerah sekitar pembuatan .Serta rata-rata para pekerja yang berada di home industri kopi bubuk robin ini berstatus menikah yang di dodominasi oleh para ibu-ibu rumah tangga yang membantu perekomomian keluargaya. Meningkatkan pendapatan keluarga, home industri kopi bubuk robin ini berperan dalam peningkatan ekonomi keluarga para pegawai.Adapun perbandingan rata-rata pendapatan sebelum dan sesudah bekerja di home industri kopi bubuk robin yakni sebelum bekerja pendapatan nya sekitar Rp. 70.000 per hari dan sesudah rata-rata pendapatan masyarakat Rp. 100.000 per hari nya.Faktor pendukung dan penghambat home industri kopi bubuk robin yakni sebagai berikut : Faktor pendukung, pada home industri kopi bubuk robin memiliki faktor pendukung yakni produksi yang berkualitas, selanjutnya kemasan produksi, yang mana pada kemasan yang menarik berupa plastik klip dan tambahan stiker pada kemasan dan faktor pendukung lain nya yakni kerukunan hubungan antara pekerja dan pemilik usaha home industri kopi bubuk robin, yang mana kedamaian adalah hal yang penting dalam suatu usaha guna terus berjalannya usaha tersebut. Faktor penghambat yakni banyaknya pesaing, banyaknya pesaing yang serupa menjadikan penghambat dan saingan bagi owner kopi bubuk robin dimana di muaradua sendiri terdiri dari beberapa usaha kopi bubuk yang menjadi pesaing home industri kopi bubuk robin dan penghambat selanjutnya yakni pemodalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kopi Bubuk Robin, Home Industri, Kesejahteraan
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: KRESTINA WULANDARI 2030505059
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:55
Last Modified: 23 Aug 2024 07:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40424

Actions (login required)

View Item View Item