KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AN-NIDHOM DALAM MEMBANGUN KARAKTER MASYARAKAT BERBASIS MODERASI BERAGAMA DIDESA SIDOHARJO KECAMATAN AIR SALEK

FEBRI YANI, NUR (2024) KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AN-NIDHOM DALAM MEMBANGUN KARAKTER MASYARAKAT BERBASIS MODERASI BERAGAMA DIDESA SIDOHARJO KECAMATAN AIR SALEK. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
SKRIPSI NUR FEBRI YANI_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Pondok Pesantren An-Nidhom dalam membangun karakter masyarakat berbasis moderasi beragama di Desa Sidoharjo Kecamatan Air Salek dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam kontribusi Pondok Pesantren An-Nidhom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya dalam membangun karakter masyarakat berbasis moderasi beragama Pondok Pesantren An-Nidhom melakukan kontribusi secara ikhlas, mandiri, penuh perjuangan, sabar, dan altruisme. Dengan menggunakan beberapa indikator tersebut pondok pesantren berhasil membangun karakter masyarakat berbasis moderasi beragama diantaranya yaitu meningkatkan rasa kekeluargaan di antara masyarakat serta mengubah cara pandang dan gagasan masyarakat menjadi lebih baik. Adapun faktor pendukung dalam kontribusi Pondok Pesantren An-Nidhom yaitu adanya dukungan dari pemerintah desa, lingkungan sekitar, dan ketersediaan fasilitas yang sangat mendukung dalam melakukan kontribusi, sedangkan faktor penghambat dalam Kontribusi Pondok Pesantren An-Nidhom yaitu perbedaan agama dalam masyarakat yaitu agama Islam, Hindu, Dan Kristen, serta faktor ekonomi karena mata pencaharian masyarakat di desa sidoharjo mayoritas sebagai petani sehingga kestabilan keuangan masyarakat akan mengikuti musim panen padi yaitu dua kali dalam satu tahun. Kata Kunci: Kontribusi, Pondok Pesantren An-Nidhom, Karakter Masyarakat, Moderasi Beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: NUR FEBRI YANI 2030505054
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:14
Last Modified: 27 Aug 2024 07:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40570

Actions (login required)

View Item View Item