PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGENAPAN HARGA OLEH DRIVER OJEK ONLINE MAXIM PERSFEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS KANTOR MAXIM DI KALIDONI)

Wiranto, Diro (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGENAPAN HARGA OLEH DRIVER OJEK ONLINE MAXIM PERSFEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS KANTOR MAXIM DI KALIDONI). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
repository diro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “perlindungan konsumen terhadap penggenapan harga oleh driver ojek online Maxim persfektif hukum ekonomi syariah (studi kasus kantor maxim di kalidoni)’. Adapun rumusan masalah yang di angkat dalam skripsi ini yaitu 1).sistem penggenapan harga oleh driver ojek online Maxim di kantor Maxim kalidoni dan 2).persfektif hukum ekonomi syariah terhadap penggenapan harga oleh driver ojek online maxim di kantor maxim kalidoni. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian di kantor maxim kalidoni kota palembang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melalui wawancara langsung dan studi observasi, kemudian data yang diperoleh di analisis melalui data kualitatif. Penggenapan harga yang terjadi di lapangan Murni merupakan suatu perbuatan dimana driver melakukan pembulatan harga terhadap konsumen, yang mana konsumen tidak mendapatkan kembalian sebagaimana mestinya sesuai dengan yang tertera pada aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan di simpulkan 1). Sistem penggenapan harga ini dilakukan sepihak oleh driver tanpa meminta persetujuan atau pun memberikan informasi kepada konsumen terkait penggenapan yang dilakukan. 2).Persfektif hukum ekonomi syariah terhadap penggenapan harga oleh driver ojek online maxim di kantor maxim kalidoni, dalam aspek kegiatan bermuamalah yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah Islam, maka hal ini sangat dilarang keras. Islam sangat menganjurkan kepada umatnya agar mencari nafkah dengan jalan yang telah dibenarkan, yaitu jalan yang halal dan baik. Dalam jual beli pejual harus memberikan takaran yang sesuai dengan permintaan dan mengembalikan uang kembalian yang sesuai, serta pembeli memberikan nilai tukar barang yang sesuai juga

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Penggenapan Harga, Driver Ojek Online
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: DIRO WIRANTO 1930104162
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:45
Last Modified: 28 Aug 2024 07:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40659

Actions (login required)

View Item View Item