PERAN MEDIA SOSIAL MELALUI APLIKASI YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMP SRIWIJAYA PALEMBANG

BALQIS,, QOULIYAH (2024) PERAN MEDIA SOSIAL MELALUI APLIKASI YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMP SRIWIJAYA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
COVER_082750.pdf

Download (39kB)
[img] Slideshow
ABSTRAK_082717.pdf

Download (8kB)
[img] Slideshow
BAB 1_020157.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB 2_020200.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB 3_020204.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB 4_020206.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Slideshow
BAB 5_020155.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Slideshow
DAFTAR PUSTAKA_020241.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Media Sosial Melalui Aplikasi Youtube dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Sriwijaya Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Sriwijaya Palembang. Untuk objek penelitian yaitu Siswa kelas 8 SMP Sriwijaya Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan Youtube pada kalangan siswa dalam membantu meningkatkan komunikasi interpersonal mereka dan seperti apa hubungan komunikasi interpersonal siswa di era media sosial sekarang. Adapaun permasalah yang diangkat adalah Bagaimana media sosial melalui aplikasi Youtube dalam meningkatkan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas 8 SMP Sriwijaya Palembang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan datanya selama proses penelitian menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Youtube menjadi wadah pembelajaran bagi siswa dalam menguatkan komunikasi interpersonal diantara mereka. Dengan berbagai video yang menarik, youtube membantu siswa SMP Sriwijaya Palembang memberikan ide-ide baru untuk dilakukan yang kemudian menjadikan siswa tertarik untuk mencoba dengan temannya. Hal ini membuat komunikasi interpersonal siswa yaitu interaksi yang terjadi secara tatap muka pada siswa selalu terjaga. 2) Komunikasi interpersonal (antarpribadi) siswa SMP Sriwijaya Palembang berjalan cukup efektif. Siswa memiliki respons yang baik dalam melakukan komunikasi tatap muka, tidak menjadi hal yang sulit untuk mereka mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan mereka miliki untuk dibagikan kepada temannya, sebagai bagian dari aktivitas komunikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Youtube dapat membantu siswa dalam mengembangkan ide-ide baru dalam melakukan aktivitas komunikasi diantara siswa dan juga komunikasi interpersonal diantara siswa SMP Sriwijaya Palembang berjalan dengan efektif dalam kegiatan sehari-harinya. Kata Kunci : Media Sosial, Youtube, Komunikasi Interpersonal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Sosial, Youtube, Komunikasi Interpersonal.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: QOULIYAH BALQIS 2020501028
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:42
Last Modified: 30 Aug 2024 07:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40752

Actions (login required)

View Item View Item