ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP PENERAPAN ASAS ULTIMUM REMEDIUM DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DIPERGUNAKAN OLEH MAHASISWA DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI PUTUSAN HAKIM NO. 30/PID.SUS/2022/PN.PLG)

Romadoni S.H, Hendi (2023) ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP PENERAPAN ASAS ULTIMUM REMEDIUM DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DIPERGUNAKAN OLEH MAHASISWA DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (STUDI PUTUSAN HAKIM NO. 30/PID.SUS/2022/PN.PLG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover Hendi.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Abstrak Hendi.pdf

Download (301kB)
[img] Text
A5 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
A5 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
A5 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
A5 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
A5 Daftar Pustaka.pdf

Download (594kB)
Official URL: https://3sep2024

Abstract

Penelitian Skripsi Ini adalah Analisis Putusan Pengadilan Negeri Palembang Kelas 1A Khusus No. 30/Pid.Sus/2022/Pn.Plg Tentang Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Ditinjau Dari Hukum Positif Dan Hukum Islam. Dalam Pasal 1 Angka 1 Undang-Undang RI No. 35 tahun 2009 narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semisintesis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan pada tindak pidana narkotika seperti yang saya bahas pada skripsi ini. Istilah narkotika merupakan suatu obat sintetik dan semisintetik yang berasal dari tumbuhan atau bukan tumbuhan yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran, halusinasi atau agitasi. Dan berdasarkan pembahasan tersebut, pokok masalah dalam skripsi ini :1) Bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan hukuman pada Putusan Pengadilan Negeri Palembang Kelas 1A Khusus No. 30/Pid.Sus/2022/PN.Plg? 2) Bagaimana Analisis Putusan Pengadilan Negeri Palembang Kelas 1A Khusus No.30/Pid.Sus/2022/PN.Plg Tentang Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Ditinjau Dari Hukum Positif dan Hukum Islam? Jenis penelitian yang digunakan pada riset permasalahan ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan mengkaji dan menelaah bahan pustaka sebagai data utama, yang menggunakan berbagai dokumen tertulis bisa dari internet, buku, surat kabar dan dokumen tertulis lainnya yang berkaitan dengan pembahasan yang akan penulis kaji. Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, yaitu sumber data yang langsung diperoleh datanya untuk kemudian disajikan didalam penelitian ini sedangkan bahan hukum primer yaitu Sumber informasi ini merupakan referensi tidak langsung yang tersedia dari buku-buku yang merujuk pada pembahasan dalam penelitian, yang digunakan sebagai pelengkap. Berdasarkan hasil penelitian yang telah Penulis lakukan, diperoleh hasil Bahwa dasar Putusan Pengadilan Negeri Palembang Kelas 1A Khusus No.30/Pid.Sus/2022/PN.Plg ditinjau dari Undang-Undang No.35 Tahun 2009 sudah sesuai dengan aspek yuridis, filosofis dan sosiologis. Hakim dalam hal perkara ini belum memperhatikan apa yang menjadi dasar-dasar dalam menjatuhkan pidana, dengan melihat fakta-fakta dipersidangan, surat dakwaan, keterangan terdakwa, saksi dan alat bukti. Bahwa perkara sebagaimana Putusan Pengadilan Negeri Palembang Kelas 1A Khusus No.30/Pid.Sus/2022/PN.Plg sanksi bagi yang menggunakan narkoba adalah jarimah ta‟zir, yaitu sanksi yang jenis dan kadarnya ditentukan oleh hakim/pemerintah, misalnya dipenjara, dicambuk, dihukum mati dan sebagainya. Kata Kunci : Penyalahgunaan Narkotika, Sanksi, Narkotika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: Hendi Romadoni 1930102059
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:54
Last Modified: 10 Sep 2024 08:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40945

Actions (login required)

View Item View Item