PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG (Skripsi)

Yuselis, Yuselis (2016) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain post-test only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII di MTs Patra Mandiri Palembang yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 146 siswa. Dari empat kelas populasi diambil 2 kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII.A dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Di kelas eksperimen pertemuan pertama, kedua dan ketiga diberikan perlakuan berupa Pendekatan Saintifik, kemudian pertemuan keempat diukur dengan post test untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa. Di kelas kontrol pertemuan pertama, kedua dan ketiga diberikan perlakuan dengan pendekatan teacher centre, kemudian pertemuan keempat diukur dengan post test untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil test siswa. Tes dibuat untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa setelah proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan Pendekatan Saintifik, di dapatkan t_hitung (1,924)>t_tabel (1,668) maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifk, Pemahaman Konsep Siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Apr 2016 04:10
Last Modified: 29 Apr 2016 04:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item