TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PELAKSANAAN GANTI RUGI KERUSAKAN RUMAH WARGA DISEKITAR TEMPAT PENGEBORAN TANAH PERSEROAN TERBATAS SEMEN BATURAJA ( STUDI KASUS DESA PUSAR KECAMATAN BATURAJA BARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU )

Sindri Ayuningtias, Sindri (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PELAKSANAAN GANTI RUGI KERUSAKAN RUMAH WARGA DISEKITAR TEMPAT PENGEBORAN TANAH PERSEROAN TERBATAS SEMEN BATURAJA ( STUDI KASUS DESA PUSAR KECAMATAN BATURAJA BARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU ). In: -, -, -. (Unpublished)

[img] Text
Skripsi SINDRI AYUNINGTIAS.docx
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK ​Pada prinsipnya ganti rugi disyariatkan sebagai media untuk menjaga harta dan jiwa dari perbuatan yang melanggar hukum dan kerugian. Konsep keadilan menetapkan bahwa seseorang yang menghilangkan manfaat benda milik orang lain atau merusaknya tanpa seizin pemilik atau syariat, maka baginya harus membayar ganti rugi kepada pemilik benda tersebut Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah Pertama, Bagaimanakah Pelaksanaan Ganti Rugi Kerusakan akibat Pengeboran Tanah Perseroan Terbatas Semen Baturaja Kepada Warga Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat ? Kedua Bagaimanakah Pandangan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Ganti Rugi Atas Kerusakan Rumah Warga Akibat Pengeboran Tanah Oleh Perseroan Terbatas Semen Baturaja Di Desa Pusar Baturaja Barat ? Penelitian Ini merupakan normatif- empiris dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yang disusun secara sistematis Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu informasi yang bersumber dari wawancara, dan pengamatan langsung kelokasi penelitian, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumentasi atau kepustakaan untuk melengkapi data-data primer. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa Pertama, Kerusakan ganti rugi yang dilakukan Perseroan Terbatas Semen Baturaja berupa uang yang nilainya tergantung seberat apa kerusakan yang terjadi dilakukan Perseroan Terbatas Semen Baturaja jika mengalami kerusakan rumah warga ganti rugi keretakkan rumah warga itu dihitung per sentinya Rp.78.000.00, apabila kerusakannya lebih parah semakin besar juga ganti rugi yang akan dibayarkan oleh Perseroan Terbatas Semen Baturaja kepada warga yang mengalami kerugian tersebut.Kedua,Pelaksanaan Ganti Rugi Kerusakan Rumah Warga Akibat Pengeboran Tanah Perseroan Terbatas Semen Baturaja Barat di Desa Pusar ini sudah sesuai dengan ketentuan Hukum Ekonomi Syariah karena telah memenuhi rukun-rukun Ganti Rugi (Dhaman).Ganti rugi dapat terjadi baik disengaja maupun tidak disengaja. Maka dari itu haruslah kita menjaga perbuatan kita karena segala sesuatu yang kita perbuat akan dimintai pertanggungjawabannya. Kata kunci : Pelaksanaan Ganti Rugi, Produksi Semen Pabrik PT.Semen Baturaja

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Ganti Rugi, Produksi Semen Pabrik PT.Semen Baturaja
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: SINDRI AYUNINGTIAS -
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:33
Last Modified: 05 Sep 2024 01:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41040

Actions (login required)

View Item View Item