DINAMIKA POLITIK DI DESA SUMBER RAHAYU KECAMATAN RAMBANG KABUPATEN MUARA ENIM (STUDI PADA MASA KEPEMIMPINAN MAT KANTA PERIODE 2019-2025)

Nesti, Yosse Junia (2024) DINAMIKA POLITIK DI DESA SUMBER RAHAYU KECAMATAN RAMBANG KABUPATEN MUARA ENIM (STUDI PADA MASA KEPEMIMPINAN MAT KANTA PERIODE 2019-2025). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Yosse Junia Nesti 1930702066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang diambil oleh penulis adalah Dinamika Politik Di Desa Sumber Rahayu pada masa kepemimpinan Mat Kanta periode 2019- 2025.Dinamika politik menurut Dwiyanto adalah gambaran seberapa jauh proses politik yang berlangsung mampu mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan akuntabilitas. Dinamika adalah tingkah laku yang secara langsung mempengaruhi warga lain secara timbal balik. Dalam dinamika politik terdapat sekumpulan orang yang memiliki kekuatan dan dapat menimbulkan perubahan yaitu: Kelompok Pendukung, Kelompok Oposisi, Kelompok Netral. Kepemimpinan dalam suatu desa perlu mencakup upaya kepala desa agar dapat mempengaruhi tindakan aparat desa dalam keadaan tertentu, dalam suatu desa kepala desa dapat mjalankan kepemimpinannya, namun tidak hanya itu kepala desa harus mepunyai wewenang tetapi juga kemampuan untuk menjalankan wewenangnya kepada aparatur desa supaya dapat mencapai atau memperoleh kinerja aparatur yang baik Masyarakat desa Sumber Rahayu menuntut Kepala Desa Sumber Rahayu agar turun dari jabatannya karena dinilai bertindak otoriter dalam menjalankan roda pemerintahan di Desa Sumber Rahayu di tambah lagi kebijakan yang kerap meresahkan masyarakat. Kepala Desa tersebut juga diduga telah melakukan pemberhentian perangkat desa yang lama secara tidak hormat.metodelogi penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Teknik Pengumpulan Data melalui penelusuran sumber-sumber kepustakaan yang sesuai dengan masalah yang diteliti seperti jurnal, skripsi.selain itu juga menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. berdasarkan hasil analisis penulis maka dapat disimpulkan bahwa dinamika politik pasca pelantikan kepala desa yang terjadi di Desa Sumber Rahayu disebabkan oleh beberapa konflik seperti perbedaan pendapat antara dua belah pihak yang disadari oleh semuanya sehingga mereka tahu ada pihak lain yans bertentangan dengan pendapat mereka. timbulnya konflik pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Konflik Kepentingan, dan Konflik Nilai. Kata Kunci : Dinamika Politik, Kepala Desa, Kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:45
Last Modified: 12 Sep 2024 06:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41266

Actions (login required)

View Item View Item