PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (STUDI PADA DESA CINTA KARYA KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN)

AWALI, NUR IHWAN (2024) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (STUDI PADA DESA CINTA KARYA KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
NUR IHWAN AWALI 2020702025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi politik masyarakat Desa dalam program pemberdayaan masyarakat rembuk stunting. Penelitian ini dilakukan di Desa Cinta Karya, Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan menggunakan teori pemberdayaan masyarakat yang disampaikan oleh Dr. Suaib dalam bukunya “Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat” yang dalam teori tersebut dijelaskan mengenai empat prinsip yang biasanya digunakan untuk suksesnya program pemberdayan masyarakat, yakni Prinsip kesetaraan, partisipasi masyarakat, keswadayaan dan kemandirian prinsip, dan keberlanjutan program. Tipe penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Yang mana metode pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan terdapat juga file arsip desa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemerintah Desa Cinta Karya dan kader pemberdayaan masyarakat telah menerapkan program pemberdayaan dengan baik sesuai dengan apa yang disampaikan Dr. Suaib, hal tersebut dibuktikan pada prinsip kesetaraan desa cinta karya tidak membatasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi, pada prinsip partisipasi masyarakat pemerintah desa cinta karya telah memberikan fasilitas bahkan sampai mendatangi rumah warga dalam rangka sosialisasi program, pada keswadayaan pemerintah telah melaksanakan program melalui anjuran direktorat jendral pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa 2018. Terakhir pada tahap keberlanjutan program, pemerintah terus berupaya memperbaiki dan melaksanakan kegiatan program tersebut, hingga pemerintah desa cinta karya pernah berhasil mendapatkan penghargaan terbaik II dari pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin sebagai desa dengan dukungan percepatan penurunan stunting. Partisipasi masyarakat Desa Cinta Karya sudah dapat dikatakan cukup baik walaupun belum sepenuhnya maksimal, hal tersebut berkaitan dengan kesadaran dan keperdulian masyarakat. Selain itu juga terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat dalam program pemberdayaan yang dilakukan. Adapun faktor pendukung partisipasi masyarakat mencakup, penegasan dari pemerintah, kemampuan dan kesadaran masyarakat, dan program umum (gratis). Sedangkan faktor penghambat mencakup minimnya pengetahuan, kesibukan masyarakat, biaya (akomodasi) dan jarak tempuh. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat Rembuk Stunting, Desa Cinta Karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:40
Last Modified: 13 Sep 2024 08:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41286

Actions (login required)

View Item View Item