STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN TABUNG GAS RAMAH LINGKUNGAN (Studi Pada PT. CNG Hilir Raya)

Irdiansyah, Redho (2024) STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN TABUNG GAS RAMAH LINGKUNGAN (Studi Pada PT. CNG Hilir Raya). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Redho Irdiansyah 1730701139.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tabung gas ramah lingkungan (GASRA) adalah solusi bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil seperti solar, LPG, MFO, dll yang lebih ramah lingkungan. Namun penggunaannya sendiri masih belum sepenuhnya disadari oleh masayarakat, karena faktor minimnya pengetahuan masyarakat. Komunikasi lingkungan merupakan upaya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat atas bahaya kerusakan lingkungan.Sehingga untuk memberikan penyadaran atas berbagai permasalahan tersebut, peran dari komunikasi lingkungan dilakukan yaitu mengkomunikasikan berbagai kerusakan lingkungan dan bagaimana upaya penyelamatannya. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan adanya startegi yang tepat guna keberlanjutan dan keberadaan sumber daya alam dan lingkungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi lingkungan dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap penggunaan tabung gas ramah lingkungan (Studi pada PT. CNG Hilir Raya) Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Data penelitian dikumpulkan dengan cara wawancara lansung dengan bapak Faisal Amin selaku kepala manager. Teknik analisis melalui tahap reduksi,penyajian dan verifikasi. Hasil penelitian strategi komunikasi lingkungan PT. CNG Hilir Raya dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap penggunaan tabung gas ramah lingkungan secara aktif mempromosikan dan mengembangkan peluang melalui sosialisasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka perluasan dan pendistribusian. Menyampaikan berbagai kelebihan dari produk yang mana tujuan utama mengurangi emisi polutan berbahaya dibumi. Sedangkan hambatan strategi komunikasi lingkungan dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap penggunaan tabung gas ramah lingkungan (Studi pada PT. CNG Hilir Raya). Hambatannya pertama biaya investasi yang sangat besar, kedua lebih menuntut perusahaan untuk cepat, tepat dan teliti dalam memproduksi dan mendistribusikan tabung gas ramah lingkungan karena tabung yang tidak dapat menyimpan gas terlalu lama. Kata Kunci: Komunikasi, Lingkungan, Strategi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FISIP
Date Deposited: 19 Sep 2024 01:45
Last Modified: 19 Sep 2024 01:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41365

Actions (login required)

View Item View Item