Tinjauan Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam Terhadap Sanksi Pidana Penipuan (Studi Putusan Nomor 798/PID.B/2023/PN PLG).

Masnur, Yunita (2024) Tinjauan Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam Terhadap Sanksi Pidana Penipuan (Studi Putusan Nomor 798/PID.B/2023/PN PLG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
FULL BAB YUNITA MASNUR A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penipuan sering terjadi dikalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang mudah percaya kepada seseorang yang baru dikenal atau memang sudah lama kenal sehingga dengan kepercayaan yang diberi tanpa sadar adalah sebuah kesempatan untuk menipu. Berkenaan dengan putusan nomor 798/Pid.B/2023/PN PLG yang merupakan sebuah kasus penipuan yang dilakukan pelaku dengan menjanjikan bahwa ia akan memgembalikan sepeda motor tersebut namun pada kenyataanya sepeda motor tersebut ia jual dengan harga murah kepada seseorang. Alhasil perbuatan tersebut merugikan pihak korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sanksi pidana penipuan dalam prespektif hukum positif dan hukum pidana Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan hukum yuridis normatif dengan metode penelitian hukum kepustakaan, yang dimana sumber hukum diperoleh data data primer yang terdiri dari studi putusan nomor 798/Pid.B/2023/PN.Plg, peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Al-Qur’an dan Hadits. Sedangkan sumber hukum sekunder yaitu terdiri dari literatur seperti buku-buku hukum pidana dan jurnal- jurnal yang membahas tentang penipuan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sanksi pidana penipuan prespektif hukum positif terhadap sanksi penipuan terdapat dalam pasal 378 KUHP diancam hukuman penjara selama empat tahun. Sedangkan dalam hukum pidana Islam penipuan dikenakan jarimah ta’zir. Kata kunci:hukum, penipuan, manipulasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: hukum, penipuan, manipulasi.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara
Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: YUNITA MASNUR 2010102023
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:45
Last Modified: 24 Oct 2024 08:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41683

Actions (login required)

View Item View Item