FAKTOR PENYEBAB PERCERAIAN PADA USIA PERKAWINAN DIBAWAH 6 BULAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA PANGKALAN BALAI TAHUN 2022-2023)

Noprianti, Yulis (2024) FAKTOR PENYEBAB PERCERAIAN PADA USIA PERKAWINAN DIBAWAH 6 BULAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN AGAMA PANGKALAN BALAI TAHUN 2022-2023). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Yulis Noprianti A4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perceraian pada usia perkawinan dibawah 6 bulan di Pengadilan Agama Pangkalan Balai. Perceraian pada pasangan suami istri dengan usia perkawinan dibawah 6 bulan. Perceraian tersebut bertentangan dengan tujuan dari pernikahan yaitu untuk membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya perceraian serta untuk mengetahui pandangan hakim dalam memutuskan perkara tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Empiris (Field research), atau penelitian lapangan. Yang bertujuan untuk mengetahui lebih jelas penyebab pasangan dengan usia perkawinan di bawah 6 bulan memutuskan untuk bercerai. Peneliti melakukan penelitian di Pengadilan Agama Pangkalan Balai. Dengan narasumber yaitu beberapa hakim di Pengadilan Agama Pangkalan Balai. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor yang menjadi penyebab perceraian pada usia perkawinan dibawah 6 bulan yaitu: 1) faktor perjodohan, 2) Faktor percekcokan terus menerus, 3) Faktor tidak bertanggung jawab 4) Faktor perselingkuhan/orang ketiga. Adapun pandangan hakim dalam memutuskan perkara perceraian ini melihat pada alasan-alasan yang sesuai dengan undang-undang terkait dengan gugatan perceraian. Apabila alasan-alasannya dapat dibuktikan maka hakim dapat memutuskan perkaranya. Dalam memutuskan perkara perceraian pada pasangan dengan usia perkawinan dibawah 6 bulan, hakim lebih dulu menekankan dalam proses mediasi agar para pihak rukun kembali. Akan tetapi pada kenyatannya permasalahan yang dialami oleh pasangan terlalu kompleks dan sulit untuk didamaikan, yang kemudian menyebabkan gagalnya proses mediasi. Kata kunci: Perceraian, Perkawinan, 6 bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perceraian, Perkawinan, 6 bulan
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: Yulis Noprianti 2030101173
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:54
Last Modified: 14 Oct 2024 02:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41744

Actions (login required)

View Item View Item