PERSFEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK ANAK DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 DI PANTI ASUHAN NUR ASIYAH PALEMBANG

Sabilla, Muthia (2023) PERSFEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PEMENUHAN HAK ANAK DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 DI PANTI ASUHAN NUR ASIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Slideshow
skripsi muthia sabilla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hak anak asuh diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Anak yaitu seseorang yang belum berusia 18 tahun. Perlindungan Hak Anak adalah segala sesuatu yang dilakukan agar setiap anak mendapatkan hak dan juga melaksanakan kewajibannya baik secara fisik, mental dan sosial. Termasuk Panti Asuhan Nur Asiyah dalam melaksanakan Perlindungan Hak Anak. Perlindungan Hak Anak diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Pasal 4 s/d 19. Dilihat dari latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemenuhan hak anak menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 di Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang (2) Bagaimana Pemenuhan Ahak Anak Menurut Hukum Islam di Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dimana teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Untuk menemukan fakta, lalu menemukan masalah, dilanjutkan dengan identifikasi masalah, dan penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang belum sepenuhnya terlaksana dengan baik sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang perlindungan anak. Namun, ada beberapa hak anak yang sudah terpenuhi oleh Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang. Kendala yang mengakibatkan hak anak tidak sepenuhnya terpenuhi di Panti Asuhan Nur Asiyah Palembang adalah pertama kurangnya tenaga pengasuh, kedua kurangnya dana dari donatur maupun pemerintah, ketiga tidak ada jadwal tetap untuk kunjungan keluarga, keempat Jaminan kesehatan yang tidak ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan Hak Anak, Anak Asuh, Panti Asuhan.
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: MUTHIA SABILLA 1830101116
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:55
Last Modified: 14 Oct 2024 02:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41761

Actions (login required)

View Item View Item