Telaah Pelafalan Bahasa Arab dalam Naskah Kuno Aksara Ulu Sumatera Selatan Kode MSS Malay A 2 Koleksi British Library, London (Tinjauan Filologi)

Nuzulur Ramadhona, Dhona (2024) Telaah Pelafalan Bahasa Arab dalam Naskah Kuno Aksara Ulu Sumatera Selatan Kode MSS Malay A 2 Koleksi British Library, London (Tinjauan Filologi). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
TESIS Nuzulur Ramadhona.pdf - Other

Download (64MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS Nuzulur Ramadhona.pdf

Download (64MB) | Preview

Abstract

Sumatera Selatan memiliki ragam peninggalan kebudayaan tulis hal ini bisa dilihat dari banyaknya temuan-temuan naskah kuno baik yang ada di masyarakat maupun tersimpan di lembaga pemerintahan dalam negeri ataupun luar negeri. Surat Ulu salah satunya yang merupakan aksara yang banyak berkembang di daearah huluan Sumatera Selatan. MSS Malay A 2 merupakan salah satu naskah kuno beraksara Ulu yang tersimpan di British Library, London, Inggris. Objek penelitian ini ialah Naskah MSS Malay A 2. Rumusan masalah pada penelitian ini, 1) bagaimana suntingan teks pada Naskah Mss Malay A 2 ?, 2) Bagaimana gejalah pelafalan Bahasa Arab dalam Naskah Mss Malay A 2 ?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan ilmu filologi ini mengkaji mengenai naskah lama beraksara Ulu ini dan teks disajikan dalam dua edisi teks, yakni edisi teks diplomatik dan edisi kritik teks dalam menyuntingkan teks naskah). Semenatra Analisis yang dilakukan ialah kontekstual naskah dan analisis gejala Bahasa Arab yang terpengaruh dialek bahasa lokal daerah Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pelafalan antara bahasa Arab dan bahasa Melayu lokal, menciptakan jembatan komunikasi antara dua budaya. Kajian ini diharapkan memberikan wawasan baru tentang pengaruh awal kebahasaan asing di wilayah Sumatera Selatan serta kontribusi naskah kuno dalam memahami sejarah Islam di Nusantara.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manuscript, Naskah Ulu, Sumatera Selatan, Syair Perahu
Subjects: Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 80101 - Sejarah Peradaban Islam (S2)
Depositing User: NUZULUR RAMADHONA 19104022009
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:51
Last Modified: 24 Oct 2024 08:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/41915

Actions (login required)

View Item View Item