DZAKIRA, HANIFAH (2024) ANALISIS KESESUAIAN FASILITAS DAN PELAYANAN DI THE TISPA SYARIAH RESIDENCE PALEMBANG BERDASARKAN FATWA DSN MUI NO. 108/DSN-MUI/X/2016. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Usaha penginapan atau hotel syariah adalah inovasi baru dalam industri akomodasi. Untuk menunjang keberhasilan hotel, akomodasi atau hotel syariah harus memperhatikan dengan baik fasilitas dan pelayanan yang merupakan bagian penting dalam suatu penginapan. Penelitian ini meliputi dua pembahasan masalah yaitu fasilitas dan pelayanan penginapan syariah. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana kesesuaian fasilitas dan pelayanan berdasarkan Fatwa DSN MUI No. 108 di The Tispa Syariah Residence Palembang. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap The Tispa Syariah Residence dimana mencocokkan data hasil analisis dengan ketentuan dari Fatwa DSN MUI. Hasil penelitian ini menunjukkan fasilitas yang ditawarkan The Tispa Syariah Residence Palembang masih belum sepenuhnya sesuai dengan DSN-MUI Nomor 108 Tahun 2016 dengan syariat Islam. Dimana pada fasilitas perlengkapan ibadah masih belum lengkap seperti tidak tersedianya mukenah dan sarung disetiap kamar. Pelayanan di The Tispa Syariah Residence belum sepenuhnya sesuai dengan syariat Islam. Dimana dalam penerapan prinsip etika kurang maksimal di lobby karena pengucapan salam Islami tidak diucapkan untuk tamu yang datang ke front office. Kemudian belum ada nuansa Islami di penginapan maupun dalam desainnya. Berkaitan dengan kualitas layanan tercapainya Responsiveness (ketanggapan) dalam pelayanan offline yang cukup bagus sesuai dengan keinginan konsumen. Kata Kunci: Fasilitas, Pelayanan, Penginapan Syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas, Pelayanan, Penginapan Syariah |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Hanifah Hanifah 2020602042 |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 08:47 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 08:47 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/42199 |
Actions (login required)
View Item |