IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN MUARA ENIM DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI BADAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN MUARA ENIM)

OCTAVIANI, NIM. 1511700023 (2019) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN MUARA ENIM DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI BADAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN MUARA ENIM). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Kebijakan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Muara Enim ( Studi Kasus Di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Muara Enim). Dengan latar belakang masalah bahwa setiap daerah otonom memiliki hak untuk mengurus rumah tangganya sendiri, oleh karena itu harus diimbangi dengan kesanggupan untuk menggali sumber-sumber pendapatan asli daerah karena tujuan pemberian otonomi yang berorientasi kepada pembangunan dalam arti luas, sehingga hakikat otonomi daerah lebih merupakan kewajiban dari hak yaitu hak kewajiban daerah untuk ikut melancarkan jalannya pembangunan sebagai sarana untuk mencapai kesejahteraan rakyat yang harus diterima dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab . Upaya memperlancar pembangunan daerah maka diperlukannya dana yang berasal dari penerimaan daerah yaitu salah satunya berasal dari pemungutan pajak dan retribusi daerah ada dua hal yang diangkat menjadi fokus penelitian ini yaitu, pertama Bagaimana implementasi kebijakan pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Muara Enim. Kedua, bagaimana tinjauan hokum ekonomi syariah terhadap implementasi kebijakan pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten muara enim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan field research (lapangan) sumber data yang digunakan terdiri dari dua bagian, yaitu bahan primer dan bahan sekunder. Bahan primer adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek penelitian. Bahan sekunder adalah data yang diambil dari perpustakaan seperti buku-buku, jurnal, hasil penelitian baik dari perpustakaan maupun dari media online yang berhubungan dengan pajak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijakan pajak reklame di kabupaten Muara Enim sesuai dengan peraturan daerah No. 10 Tahun 2010 dan pengimplementasiannya sudah berpengaruh karena dari hasil penelitian setiap tahunya pendapatan pajak reklame terus meningkat. Bila di tinjau dari hukum ekonomi syariah maka implementasi kebijakan pajak reklame dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Muara Enim sudah sesuai dengan prinsip keadilan dan selalu dalam pengawasan yang bertujuan untuk mewujudkan maqasid syari’ah dan tidak bertentangan dengan ketentuanketentuan yang ada dalam syara‟. Kata kunci : implementasi, kebijakan, pajak reklame

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Aug 2019 06:58
Last Modified: 27 Aug 2019 06:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item