PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DALAM TEORI PENDIDIKAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN LEV VYGOTSKY

Bustomi, Bustomi and Ismail, Sukardi and Mardiah, Astuti (2024) PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DALAM TEORI PENDIDIKAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN LEV VYGOTSKY. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7 (4). pp. 16376-16383. ISSN P-2655-710X e-ISSN 2655-6022

[img]
Preview
Text
mrizal1,+46.+Bustomi_JRPP.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemikiran konstruktivisme dalam teori pendidikan kognitif menurut Jean Piaget dan Lev Vygotsky serta penerapannya dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori konstruktivisme Piaget dan Vygotsky memiliki implikasi kuat dalam pembelajaran, terutama dalam mengembangkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Kesimpulannya, pendekatan konstruktivisme ini penting dalam membentuk model pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan kognitif dan sosial siswa

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Apr 2025 11:50
Last Modified: 16 Apr 2025 11:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45612

Actions (login required)

View Item View Item