Bustomi, Bustomi and Ismail, Sukardi and Mardiah, Astuti (2024) PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISME DALAM TEORI PENDIDIKAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN LEV VYGOTSKY. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7 (4). pp. 16376-16383. ISSN P-2655-710X e-ISSN 2655-6022
|
Text
mrizal1,+46.+Bustomi_JRPP.pdf Download (713kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pemikiran konstruktivisme dalam teori pendidikan kognitif menurut Jean Piaget dan Lev Vygotsky serta penerapannya dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori konstruktivisme Piaget dan Vygotsky memiliki implikasi kuat dalam pembelajaran, terutama dalam mengembangkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Kesimpulannya, pendekatan konstruktivisme ini penting dalam membentuk model pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan kognitif dan sosial siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 11:50 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 11:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |