PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK PEMBELAJARAN ASAM DAN BASA DI KELAS XI

Siti, Halimah and Mardiah, Astuti and Ravensky, Yurianty Pratiwi (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK PEMBELAJARAN ASAM DAN BASA DI KELAS XI. Al 'Ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA, 11 (1). pp. 6-11. ISSN ISSN: 2337-3083(online); ISSN: 2337-3083(print)

[img] Text
jurnalal-ilmi_uin,+Journal+editor,+20221+6-11-1-6.pdf

Download (314kB)

Abstract

(Research & Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon kepraktisan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa. Prosedur pengembangan dan penelitian menggunakan model ADDIE sampai tahap ADD, yang terdiri dari tahap, analysis (analisis), design (perancangan), dan development (pengembangan). Tahap development (pengembangan) menggunakan uji coba one to one dan uji coba small group. Penelitian ini melibatkan empat validator, yaitu validator ahli desain, ahli bahasa, dan 2 ahli materi. Subjek uji coba one to one dan uji coba small group adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori valid, ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori valid, ahli materi 1 memperoleh nilai sebesar 96,55% dengan kategori sangat valid, ahli materi 2 memperoleh nilai sebesar 98,57% dengan kategori sangat valid. Rata-rata dari keempat validator tersebut yaitu 82,66% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa dikategorikan sangat baik, dimana pada tahap one to one memperoleh nilai sebesar 88,88% dengan kategori sangat praktis, dan pada tahap small group memperoleh nilai sebesar 89,12 dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 18 Apr 2025 11:02
Last Modified: 18 Apr 2025 11:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45765

Actions (login required)

View Item View Item