Penerapan Strategi Mnemonic Loci Untuk Mengoptimalkan Retensi Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SDN 5 Awal Terusan OKI

NOPIKA, FOVI (2025) Penerapan Strategi Mnemonic Loci Untuk Mengoptimalkan Retensi Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SDN 5 Awal Terusan OKI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi Mnemonik dengan metode Loci dalam mengoptimalkan retensi siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 5 Awal Terusan OKI. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya daya ingat siswa terhadap materi pembelajaran, khususnya materi bab “Ketika Kehidupan Telah Berakhir”. Melalui penerapan metode pembelajaran yang inovatif, diharapkan siswa dapat mengingat materi dengan lebih mudah dan menyenangkan melalui pengasosiasian informasi ke dalam lokasi yang sudah dikenal dalam ingatan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa kelas V yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes objektif berupa soal pilihan ganda yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) penerapan strategi Mnemonic Loci. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif dan uji hipotesis Paired Sample t-Test untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan retensi siswa yang signifikan setelah penerapan strategi Mnemonic Loci. Nilai rata-rata pretest mahasiswa sebesar 57,34 meningkat menjadi 78,75 pada posttest. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Mnemonik dengan metode Loci efektif dalam meningkatkan retensi siswa terhadap materi PAI, karena mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur, bermakna, dan mudah diingat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Mnemonc Loci, Retensi
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Fovi Nopika 2120202068
Date Deposited: 27 May 2025 08:09
Last Modified: 27 May 2025 08:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46747

Actions (login required)

View Item View Item