Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Digital Pada Anak (Studi Pada Komplek PPI Kelurahan Talang Kelapa)

Pujiyanto, Muhammad Adha (2025) Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Digital Pada Anak (Studi Pada Komplek PPI Kelurahan Talang Kelapa). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut anak-anak memiliki pemahaman literasi digital yang baik. Orang tua berperan penting dalam membimbing anak agar dapat menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi orang tua dalam meningkatkan pemahaman literasi digital anak di Komplek PPI, Kelurahan Talang Kelapa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan orang tua di Komplek PPI. Penelitian ini mengacu pada Teori Komunikasi Keluarga dari Fitzpatrick dan Ritchie, yang membagi pola komunikasi keluarga ke dalam dimensi konformitas dan orientasi percakapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi terbuka, pengawasan terhadap penggunaan teknologi, serta edukasi tentang keamanan digital berkontribusi dalam meningkatkan literasi digital anak. Selain itu, faktor-faktor seperti tingkat pendidikan orang tua, pemahaman terhadap teknologi, serta keterlibatan aktif dalam aktivitas digital anak turut memengaruhi efektivitas komunikasi dalam mendidik anak tentang literasi digital. Kesimpulannya, komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak dapat membantu anak memahami dan menyaring informasi digital secara kritis serta menggunakannya secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran lebih tinggi dari orang tua dalam membangun pola komunikasi yang sehat agar anak mampu beradaptasi dengan dunia digital secara bijak. Kata Kunci: Anak, Digital, Komunikasi, Literasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Adha Pujiyanto 2020701042
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:42
Last Modified: 03 Jun 2025 07:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46957

Actions (login required)

View Item View Item