PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP MINAT BERWAKAF UANG MELALUI BANK MEGA SYARIAH

WAHYUNI, RIKA DEA (2025) PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP MINAT BERWAKAF UANG MELALUI BANK MEGA SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER DEA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK DEAA.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 DEA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB II DEA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III DEA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV DEA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V DEA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DEA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wakaf uang memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun realisasinya masih rendah akibat minimnya literasi masyarakat yang masih mengganggap wakaf hanya berupa aset tidak bergerak. Bank Mega Syariah sebagai LKS-PWU telah berinovasi dalam penghimpunan dan pengelolaan wakaf uang melalui platfrom digital dan program seperti cash wakaf link sukuk(cwls) yang berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat. Namun, masih terdapat kesenjangan antara potensi dan realisasi wakaf uang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh pengetahuan terhadap minat masyarakat dalam berwakaf uang di Bank Mega Syariah. Pendekatan kuantitatif adalah metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Kuesioner skala likert dibagikann kepada nasabah bank mega syariah sebagai bagian dari strategi pengumpulan data. Pengumpulan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Hair et al, sehingga sampel penelitian ini berjumlah 55 Responden. Adapun yang menjadi sampel atau responden dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Mega Syariah KC Palembang Transmart. Teknik penggolaan data menggunakan SPSS Versi 26. Hasil akhir dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwakaf uang melalui bank mega syriah. Variabel pengetahuan memiliki pengaruh sebesar 10% terhadap minat berwakaf uang, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar 0,100. Sisanya 90% dipengaruhi oleh variabel laian yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: Bank Mega Syariah, Minat, Pengetahuan, wakaf uang,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bank Mega Syariah, Minat, Pengetahuan, wakaf uang,
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Rika Dea Wahyuni 2120604060
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:24
Last Modified: 30 Jun 2025 08:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47522

Actions (login required)

View Item View Item