Manajemen Peningkatan Mutu pada MTs Tahfizh Hamalatul Qur'an

Muhammad Aji, Santoso and Ahmad, Zainuri and Muslim Gani, Yasir (2025) Manajemen Peningkatan Mutu pada MTs Tahfizh Hamalatul Qur'an. Journal iof iInnovative iand iCreativity, 5 (2). pp. 6277-6286. ISSN ISSN: 2775-771X (Online) ISSN: 2962-570X (Printed)

[img]
Preview
Text
_117.+ID+746+Muhammad+Aji+Santoso+6277-6286.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi manajemen mutu pendidikan di MTs Tahfizh Hamalatul Qur’an, lembaga yang menyeimbangkan Tahfizh Al-Qur’an dan pendidikan akademik. Menghadapi tantangan kurikulum ganda, institusi ini menerapkan praktik manajemen yang efektif. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi pada pemangku kepentingan utama, data dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan strategi manajemen mutu dalam tiga area kunci: penerimaan santri baru melalui seleksi sistematis, optimalisasi kuota, digitalisasi, dan kolaborasi stakeholder; proses pembelajaran yang mengintegrasikan Tahfizh dan akademik melalui penjadwalan, metodologi, pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan; serta evaluasi mutu komprehensif diikuti tindak lanjut perbaikan dan pengembangan kurikulum. Strategi holistik ini efektif meningkatkan mutu pendidikan, memastikan standar, dan menghasilkan lulusan berkualitas, krusial untuk tujuan pendidikan Islam unggul. Penelitian ini terbatas pada satu institusi, membatasi generalisasi, dan belum mendalami faktor eksternal. Saran untuk penelitian selanjutnya meliputi studi komparatif di madrasah Tahfizh lain, analisis dampak strategi terhadap hasil belajar santri, dan kajian peran faktor eksternal. Penelitian ini memberikan wawasan tentang manajemen mutu madrasah Tahfizh, mengisi celah literatur, dan menawarkan strategi perbaikan.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 28 Jun 2025 04:46
Last Modified: 28 Jun 2025 04:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47537

Actions (login required)

View Item View Item