Syaifullah, Luthfi Ahmad (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM MATERI ADAB PERGAULAN ISLAMI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Cafer Skripsi - Daftar isi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar yang berlangsung di kelas X di SMA Muhammadiyah 6 Palembang pada mata pelajaran Al-Islam masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. untuk mengetahui aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control. Adapun penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Setelah dilakukan pengundian diperoleh kelas XMIA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan kelas XIIS1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa. Adapun jenis dan sumber data yaitu kualitatif dan kuantitatif serta data primer dan data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data, dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Tes T dan uji Mann-Whitney. Dari hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan hasil sebagai berikut: Dalam proses Aktivitas belajar, kelas pada kelas eksperimen aktivitas belajar siswa meningkat sedangkan pada kelas kontrol tidak mengalami perbedaan, hal itu dikarenakan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E sedangkan pada kelas kontrol hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil Belajar siswa yang tidak diajarkan model pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E dapat diliha dari pre-test hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat bahwa pada kolom Asymp. Sig. (2-tailed) atau asymptotic significance untuk uji dua sisi adalah 0,741. Probabilitas lebih besar dari 0,05 (0,741 > 0,05), dengan demikian H0 diterima. Jadi, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Hasil belajar siswa yang diajarkan model pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E dapat dilihat dari post-test hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 7,756. Sedangkan nilai ttabel untuk α = 0,05 dengan df 75 diperoleh t (½ α, 75) = 2,872, berarti thitung > ttabel (7,756 > 2,872), dengan demikian H0 ditolak. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara post-test aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha yang berbunyi “Ada perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E, dengan kelas kontrol yang tidak diajarkan dengan Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E dan H0 di tolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 May 2016 01:43 |
Last Modified: | 04 May 2016 01:43 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/491 |
Actions (login required)
View Item |