MEKANISME MENGATASI WANPRESTASI NASABAH DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG PALEMBANG (STUDI KASUS PERIODE 2012-2014) (Skripsi)

Yuhana, Yuhana (2016) MEKANISME MENGATASI WANPRESTASI NASABAH DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG PALEMBANG (STUDI KASUS PERIODE 2012-2014) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Yuhana_FebEkoIsl.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan jual beli barang dengan harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Secara sederhana, murabahah berarti suatu penjualan barang seharga barang tersebut ditambah keuntungan yang disepakati. Karakteristik murabahah adalah bahwa penjual harus memberitahu pembeli mengenai harga pembelian barang dan menyatakan jumlah keuntungan yang ditambahkan pada keuntungan tersebut. Transaksi murabahah merupakan salah satu transaksi jual beli yang mendominasi penyaluran dana di bank BNI Syariah Cabang Palembang, yang memiliki berbagai macam produk yang menggunakan akad murabahah. Namun dalam prakteknya kadang dijumpai cidera janji yang dilakukan oleh pihak nasabah yang tidak melaksanakan kewajibannya terhadap pihak Bank BNI Syariah Cabang Palembang sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya, dimana pihak nasabah melakukan wanprestasi terhadap Bank BNI Syariah Cabang Palembang. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu mengumpulkan data langsung pada lokasi penelitian di bank BNI Syariah Cabang Palembang untuk memperoleh data yang diperlukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data secara deskriftif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis semua hasil data yang diperoleh dengan konsep dan teori tentang wanprestasi nasabah dalam pembiayaan murabahah. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa mekanisme dalam menyelesaikan wanprestasi nasabah dalam pembiayaan murabahah pada bank BNI Syariah Cabang Palembang diselesaikan melalui musyawarah antara pihak bank dengan pihak nasabah tanpa lembaga hukum lain, dengan mengirim surat penagihan kemudian pihak bank akan melakukan pendekatan kepada nasabah dan memberikan solusi untuk penyelesaian pembiayaan bermasalah tersebut, antara lain melalui Rescheduling, Reconditioning dan Restructuring kemudian penyitaan/ pelelangan jika nasabah benar-benar tidak sanggup melunasi kewajibannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi Nasabah dan Pembiayaan Murabahah
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 May 2016 08:36
Last Modified: 04 May 2016 08:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item