STRATEGI HUMAS DINAS PARIWISATA DALAM MEMPROMOSIKAN VISIT LAHAT 2016 DI KABUPATEN LAHAT

Nopita, Nopita (2016) STRATEGI HUMAS DINAS PARIWISATA DALAM MEMPROMOSIKAN VISIT LAHAT 2016 DI KABUPATEN LAHAT. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
NOPITA (12510052).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan Strategi Humas Dinas Pariwisata Kota Lahat dalam Mempromosikan Visit Lahat 2016 ; 2) mendeskripsikan faktor pendukung strategi promosi wisata; 3) menganalisis hambatan strategi promosi wisata; 4) mendeskripsikan langkah yang ditempuh untuk mengatasi hambatan strategi promosi wisata. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lahat. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan penelitian utama adalah Kepala Bagian Pemasaran, informan pendukung adalah Humas sekaligus kepala Seksi Pengembangan Obyek dan Sarana Wisata serta Kepala Pembinaan Usaha dan Pemasaran Wisata. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu triangulasi sumber data dan metode. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; 1) pelaksanaan strategi promosi wisata sudah berjalan baik, walupun belum sepenuhnya optimal; 2) pengembangan wisata di Kota Lahat di dukung oleh program dinas terkait berupa kegiatan Rencana Strategis Jangka Panjang dan Rencana Kerja Jangka Pendek dalam mempromosikan wisata menggunakan alat atau media promosi, seperti media cetak, media elektronik, media promosi dan pameran wisata; 3) pengembangan wisata di Kota Lahat ternyata memiliki beberapa hambatan antara lain: obyek wisata belum ditata dan dikelola dengan baik, alokasi anggaran dari pemerintah daerah yang masih terbatas, dan belum adanya bagian khusus yang menangani masalah promosi Visit Lahat 2016, 4) dinas terkait dan para stakeholder dunia pariwisata menempuh beragam cara untuk mengatasi berbagai kendala yang ditemui antara lain: mengoptimalkan sumber daya yang ada serta menjalin kerjasama dengan pihak/instansi/lembaga lain untuk mengembangkan pariwisata di Kota Lahat. Hal ini terbukti berhasil, berdasarkan data yang ada tahun 2014 jumlah wisatawan 1.467. Tahun 2016 mengalami kenaikan menjadi 4.963 orang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 29 Nov 2019 02:44
Last Modified: 29 Nov 2019 02:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5127

Actions (login required)

View Item View Item