PENGARUH PROGRAM LAPTOP SI UNYIL EPISODE MEMBUAT CEMILAN BAYAM DI TRANS7 SEBAGAI MEDIA INFORMASI EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) (STUDI PADA SISWA KELAS V DAN KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-HIDAYAH PALEMBANG)

kurniasih, dedeh (2018) PENGARUH PROGRAM LAPTOP SI UNYIL EPISODE MEMBUAT CEMILAN BAYAM DI TRANS7 SEBAGAI MEDIA INFORMASI EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) (STUDI PADA SISWA KELAS V DAN KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-HIDAYAH PALEMBANG). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
DEDEH KURNIASIH (13530017).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Tayangan Laptop Si Unyil Episode Membuat Cemilan Dari Sayur Bayam Di Trans7 Sebagai Media Edukasi Informasi Terhadap Tingkat Pengetahun Siswa Mi (Studi Kasus Siswa Mi Al-Hidayah Palembang Kelas V Dan Kelas VI).” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh tayangan Si Unyildi Trans7 sebagai media informasi edukasi terhadap tingkat pengetahuan dikalangan siswa MI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori S-O-R (Stimulus Organism Respon), teori ini mendasarkan asumsi bahwa penyebab terjadinya perubahan perilaku tergantung kepada kualitas rangsang (stimulus) yang berkomunikasi dengan organisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini Siswa-Siswi kelas V dan kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Palembang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang diambil 14 orang kelas V dan 18 orang dari kelas VI yang dihitung dengan menggunakan rumus Suharsimi Arikunto, yang dikelola menggunakan SPSS Versi 23 dan persentasi yang sederhana. Perhitungan variabel X untuk Acara memiliki nilai positif dengan dengan pesentase 83.3% dan berada direntang skala tinggi dengan nilai mean sebesar 48,77. Selanjutnya perhitungan variabel Y bernilai positif dengan persentase 60% dan berada direntang skala tinggi nilai mean sebesar 43,93, dapat ditafsirkan “KUAT” karena memiliki nilai R-Squarenya 0.626. Hasil yang diperoleh dari penilitian ini berdasarkan teori S-O-R, Stimulus atau pesan yang disampaikan oleh Laptop Si Unyil kepada komunikan akan diterima dengan sikap positif. Komunikasi akan berlangsung karena siswa MI memberikan perhatian dalam menonton Laptop Si Unyil. Proses berikutnya komunikan mengerti. Kemampuan komunikan inilah yang melanjutkan berikutnya. Setelah komunikan mengelohnya dan menerimanya, maka terjadilah pengaruh tayangan Laptop Si Unyil dalam menyampaikan informasi edukasi yang memperngaruh tingkat pengetahuan siswa MI Al-Hidayah Palembang. Kata kunci: Pengaruh Tayangan Laptop Si Unyil, Siswa Kelas V dan Kelas VI MI Al-Hiayah Palembang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:03
Last Modified: 02 Dec 2019 04:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item