KONSEP DIRI GURU: Studi Kasus Konsep Diri Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Palembang

RUSMAINI, RUSMAINI (2019) KONSEP DIRI GURU: Studi Kasus Konsep Diri Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Palembang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
BAB I Tesis.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Tesis.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Tesis.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KONSEP DIRI GURU.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah studi kualitatif tentang konsep diri guru pendidikan agama Islam (PAI) dengan mengambil kasus yang terjadi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Palembang. SMA Negeri 6 dipilih sebagai kasus untuk penelitian, karena SMA ini eksis memberikan tawaran program kegiatan ekstrakurikuler PAI dalam frekuensi dan intensitas yang cukup tinggi. Selain itu pada tahun 2003 sekolah ini menjadi juara II tingkat nasional sebagai sekolah umum yang berprestasi dalam aspek pengelolaan pembimbingan peserta didik pada wilayah pembinaan moralitas keagamaan. Ada dua masalah pokok yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimana konsep diri guru PAI di SMA Negeri 6 Palembang dan faktor-faktor apakah yang mempengaruhinya. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui konsep diri guru PAI dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk tujuan tersebut penelitian ini melibatkan tiga orang guru PAI sebagai informan. Untuk memperoleh data pendukung, penelitian ini juga melibatkan kepala sekolah, dua orang wakil kepala sekolah, kepala tata usaha, empat orang guru mata pelajaran lainnya, dan sembilan orang siswa sebagai informan. Metode yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dipergunakan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan konsep diri guru PAI yang terdiri dari pengetahuan diri, harapan diri, penilaian diri dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri mereka. Observasi dipergunakan untuk mengamati secara langsung data tentang kondisi dan situasi sekolah, peran dan aktivitas guru-guru PAI baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. Metode dokumentasi dipergunakan untuk mengungkapkan data yang bersifat administratif serta data-data kegiatan yang didokumentasikan. Analisis data dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ketiga guru PAI yang ada di SMA Negeri 6 Palembang memiliki konsep diri positif. Mereka memiliki pengetahuan diri yang positif, luas dan bermacam-macam. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa harapan diri guru-guru tersebut juga cenderung positif. Mereka mempunyai harapan yang realistis terhadap siswa. Penilaian diri guru juga dapat dikategorikan positif. Mereka mempunyai penilaian bahwa apa yang mereka lakukan berhasil dengan baik sesuai dengan harapan. Selanjutnya penelitian ini mengungkapkan pula bahwa faktor-faktor dominan yang berpengaruh terhadap konsep diri guru-guru PAI di SMA Negeri 6 adalah faktor pendidikan orang tua dan lingkungan kerja/kolega. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri sangat penting bagi guru-guru, terutama guru PAI. Konsep diri perlu digali dan dibina agar positip. Konsep diri guru yang positif penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:57
Last Modified: 27 Dec 2019 03:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item