TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMA NEGERI 2 MUARA ENIM (

OKTA, RISALAH (2019) TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMA NEGERI 2 MUARA ENIM (. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
KAPER (2).pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-5 DAN DAFTAR PUSTAKA baru.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertolak dari adanya fenomena tunggal yaitu kepemimpinan kepala sekolah sekolah. Peneliti berusaha untuk menyajikan keberadaan tokoh sentral yaitu kepala sekolah sekolah, dalam membawa perubahan dan nuansa baru dari kepala sekolah sekolah sebelumnya selama kepemimpinan kepala sekolah sekarang ini banyak mengalamai perubahan, hal ini tidak lepas dari upaya dan optimalisasai kepemimpinan kepala sekolah sekolah, karena kepala sekolah sekolah merupakan figur yang paling dominan dalam menggerakkan institusi untuk menjadi lebih maju., untuk itu fenomena ini peneliti beri judul “Tipe Kepemimpinan Kepala sekolah Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI di SMA Negeri 2 Muara Enim”, dan fokus ini menekankan pada bagaimanakah tipe kepemimpinan kepala sekolah sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI, serta strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru PAI yang ada di SMA Negeri 2 Muara Enim. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologik, dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data, peneliti menggunakan tipe analisis interaktif yang mengandung empat komponen yang saling berkaitan, yaitu : pengumpulan data, penyederhanaan data, pemaparan data, penarikan dan pengajuan simpulan. Dan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan : derajat kepercayaan atau pembuktian terhadap fakta yang ada (Credibility); keteralihan data atau penggalian data dari informan sehingga sesuai dengan konteks (Transferability); kebergantungan data (Dependability) antara fakta dan informasi; kepastian data (Conformability) dari beberapa sumber sehingga diperoleh data yang objektif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tipe kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri 2 Muara Enim adalah “tipe demokratis”, dimana kepala sekolah sekolah selama proses kepemimpinannya memberikan semangat dan dorongan, bersikap jujur dan adil, menganggap guru sebagai mitra kerja, memberi kepercayaan, mendelegasikan, mau menerima saran dan kritik dari para guru.(2) Strategi kepala sekolah SMA Negeri 2 Muara Enim dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI adalah “partisipatif”, karena kepala sekolah sekolah banyak melibatkan para guru seperti pembentukan tim kerja menghadapi PSB, kepanitiaan, pembangunan/rehab gedung/ruang kelas. kepala sekolah sekolah berusaha menampilkan keteladanan dan bekerja bersama-sama dalam setiap kesempatan dengan para guru, seperti dalam pembuatan program sekolah, pemecahan masalah, pembuatan jadwal supervisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepemimpinan,Meningkatkan Kompetensi Pedagogik, Guru PAI.
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 09:24
Last Modified: 27 Dec 2019 09:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5310

Actions (login required)

View Item View Item