Nurul, Hidayah (2019) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK PESERTA DIDIK DI SD ISLAM TERPADU NURUL IMAN PALEMBNG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
TESIS NURUL BARU.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Abstrak MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNTUK PESERTA DIDIK DI SD ISLAM TERPADU NURUL IMAN PELEMBANG Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang, kurang tepatnya layanan perpustakaan hal ini terbukti dengan kepergian petugas perpustakaan setiap harinya apalagi bertepatan dengan waktu istirahat dimana kebanyakan siswa berkunjung keperpustakaan, tentunya hal ini berdampak tidak baik bagi siswa yang akan berkunjung keperpustakaan dimana rata-rata jumlah siswa yang berkunjung hanya mencapai 20 siswa. Sebagaimana kita ketahui perpustakaan merupakan pusat informasi yang sangat dibutuhkan banyak orang terutama siswa. dengan manjemen layanan perpustakaan ini diharapakan koleksi buku semakin banyak dan siswa yang berkunjung keperpustakaan akan semakin bertambah . Rumusan masalah dalam tesis ini adalah bagaimana perencanaan manajemen layanan perpustakaan untuk peserta didik di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang? Bagaimana pelaksanaan manajemen layanan perpustakaan untuk peserta didik di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang? Dan bagaimana evaluasi manajemen layanan perpustakaan untuk peserta didik di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang? Metode penelitian ini adalah jenis penelitian fenomenologi, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan data-data yang sudah didapat dengan teknik analisis triagulasi data (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verivikasi). pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perencanaan manajemen layanan perpustakaan untuk peserta diidk di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang dilakukan dengan menyediakan infrastruktur berupa lokasi dan ruang, koleksi bahan pustaka, pengelola perpustakaan (SDM) dan layanan sirkulasi. Pelaksanaan manajemen layanan perpustakaan untuk peserta didik di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang dibuktikan dari implementasi perencanaan, dimana lokasi yang berada dilantai 2, stategis, dan bising. Ruang yang bersih, bising, menampung 20 siswa dan dilakukan dalam 1 ruangan. Jumlah koleksi 3465 buku. Pengelola bersikap ramah, berahlakul karimah dan berpengetahuan. Peminjam dan pengembalian dilakukan dengan proses terbuka, tertutup, mengeluarkan kartu anggota, membawa buku dan mengecek batas waktunya. Evaluasi manajemen layanan perpustakaan untuk peserta didik di SD Islam Terpadu Nurul Iman Palembang dilakukan dengan melihat penataan ruang yang berada dilantai 2, sudut kanan kiri antara rak dan kartu, samping komputer dan berhadapan meja baca. Kebersihan ruang dari lantai, kursi, meja belajar, koleksi, rak buku lama tidak bersih. Koleksi yang paling diminati 13 fiksi dan 13 non fiksi. Tingkah laku bersikap sopan, bertangung jawab, berpengetahuan cukup. Data pengunjung berjumlah 20 siswa dan buku yang dipinjam berjumlah 26 buku.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Layanan Perpustakaan, Peserta didik |
Subjects: | Syariah dan Hukum > Hukum (Umum) |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 04:59 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 04:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5321 |
Actions (login required)
View Item |