METODE PENDIDIKAN ISLAM ALTERNATIF: STUDI KOMPARASI HAKIKAT PERIWAYATAN HADIS DAN METODE PERIWAYATAN HADIS DENGAN HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (2009)

ASILI, ASILI (2019) METODE PENDIDIKAN ISLAM ALTERNATIF: STUDI KOMPARASI HAKIKAT PERIWAYATAN HADIS DAN METODE PERIWAYATAN HADIS DENGAN HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (2009). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 (2).pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V (3).pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini dilatar belakangi pertama, oleh asumsi bahwa pada hakikat periwayatan dan kegiatan periwayatan hadis beserta metode-metode periwayatan yang melekat padanya, ada nilai-nilai pendidikan. Kedua, tulisan ini dilatar belakangi untuk melihat kemungkinan ditemukannya alasan yang kreditabel dalam usaha mengangkat delapan macam metode periwayatan hadis menjadi metode pendidikan Islam alternatif untuk pengembangan dunia pendidikan Islam atau dunia pendidikan pada umumnya. Tujuan penelitian ini diarahkan pertama, agar diketahui bahwa hakikat periwayatan hadis, dan aktivitas periwayatan hadis, pada prinsipnya adalah memiliki kesamaan dengan hakikat pendidikan dan batasan aktivitas pendidikan baik secara filosofis atau secara teoretis. Kedua, agar diketahui bahwa kedelapan macam metode periwayatan hadis adalah bernilai sejajar dengan metode-metode pendidikan Islam yang ada. Ketiga, agar diketahui bahwa masing-masing metode periwayatan hadis pada prinsip memiliki nilai lebih dalam perspektif metodologi pembelajaran. Metode yang dipakai dalam kajian ini adalah metode studi pustakan dengan menggunakan pendekatan analisis filosofis dan pendekatan analisis teoretis. Proses pengolahan data dilakukan dua tahap. Tahap awal, data diproses secara deskriptif kualitatif dalam arti penyajian gambaran data berdasarkan keadaan obyektif masing-masing wilayah kedua bidang kajian yang dikomparasi --termuat pada bab II dan bab III. Tahap kedua, data yang telah digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan obyektif masing-masing data selanjutnya—dimuat pada bab IV—dikomparasikan dengan menggunakan pendekatan analisis filosofis dan penedekatan analisis kritis dengan tujuan untuk menemukan tingkat kesesuaian dan kesejajaran dari hakikat periwayatan hadis dan metode periwayatan hadis terhadap hakikat pendidikan dan metode pendidikan Islam. Temuan yang didapat adalah: Pertama, secara filosofis dan teoritis ternyata antara hakikat periwayatan hadis dan aktivitas periwayatan hadis dengan hakikat pendidikan dan aktivitas pendidikan Islam ada terkandung kesesuaian makna dan batasan aktivitas. Kedua, Kedelapan macam metode periwayatan yang ada pada prinsipnya dapat dikatagorikan sebagai metode pendidikan Islam. Ketiga, nilai lebih yang paling menonjol dari delapan macam metode periwayatan hadis; 1. Sangat memperhatikan karakteristik siswa. 2. Sangat sesuai dengan prinsip pendidikan modern seperti prinsip pendidikan individualitas dan prinsip kebebasan. 3. Sangat mengutamakan nilai moral dalam praktek kegiatan periwayatan (kegiatan penerimaan dan penyampaian hadis). Menurut penulis selanjutnya, nilai lebih ini dapat dijadikan nilai tawar dari kedelapan macam metode periwayatan untuk menjadi metode pendidikan Islam alternatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 30 Dec 2019 09:25
Last Modified: 30 Dec 2019 09:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

View Item View Item