PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI ZAT ADITIF DISMP NEGERI 18 PALEMBANG

ANDRIYANI, LUSI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI ZAT ADITIF DISMP NEGERI 18 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. BAB Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) yang bertujuan untuk (1) menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi zat aditif yang valid, dan (2) mengetahui respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi zat aditif. Lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan memiliki karakteristik sesuai K-13 dengan menambahkan keterampilan proses sains. Prosedur penelitian dengan model pengembangan 4D dengan mengadopsi tiga tahapan yaitu tahap define (analisis kebutuhan), tahap design (perancangan) dan tahap development (pengembangan). Tahap define dilakukan melalui kegiatan observasi kelas, angket, wawancara, mengkaji kurikulum dan mengidentifikasi materi. Tahap design dilakukan dengan membuat lembar kerja peserta didik yang menambahkan unsur keterampilan proses sains meliputi mengamati, mengklasifikasi, menafsirkan, mengkomunikasikan, dan menerapkan konsep yang kemudian dikembangkan melalui tahap development untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains melalui proses validasi ahli dan respon peserta didik. Validasi ahli terdiri dari 4 orang ahli yaitu 2 ahli materi, 1 ahli bahasa dan 1 ahli media. Proses uji coba skala kecil melibatkan 10 orang peserta didik dan uji coba skala besar melibatkan 30 orang peserta didik di kelas VIII.7 di SMP Negeri 18 Palembang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi zat aditif diperoleh persentase sebesar 86 % dengan kategori sangat valid digunakan; (2) Lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains pada materi zat aditif diperoleh persentase sebesar 86 % dengan kategori sangat baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, LKPD, Zat Aditif.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:13
Last Modified: 30 Dec 2019 07:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item