ROZANA, ROZANA (2019) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MTs DI KOTA PANGKALPINANG PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG(2010). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
HALAMAN JUDUL YANG BENAR (1).pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-5 YANG BENAR baru (1).pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini difokuskan pada studi tentang “ Kompetensi Profesionalisme Guru MTs di Kota Pangkalpinang provinsi Kepulauan Bangka Belitung”. Adapun aspek penelitiannya adalah kompetensi profesional guru yang diterapkan dan hubungannya dengan sikap para guru terhadap faktor-faktor pendukung dan penghambat serta sikap guru terhadap upaya-upaya sekolah untuk meningkatkan mutu kompetensi tersebut. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut perlu dilaksanakan penelitian ilmiah tentang mutu kompetensi guru MTs di kota Pangkalpinang provinsi Kep. Bangka Belitung yang diangkat dalam sebuah tesis. Metodologi penelitian ini adalah sebagai berikut; pertama populasi penelitian, adalah semua guru MTs di kota Pangkalpinang provinsi Kep. Bangka Belitung. Mereka adalah yang bertugas mengajar di MTsN Pangkal Pinang, MTs Hidayatussalikin, dan MTs Darussalam kota Pangkal Pinang berjumlah 72 orang guru. Mengingat jumlah populasi penelitian ini sangat banyak, maka penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 43 responden secara acak (random sampling), terdiri dari MTsN Pangkal Pinang sebanyak 22 guru, MTs Hidayatussalikin sebanyak 11 guru, dan MTs Darussalam kota Pangkal Pinang sebanyak 10 guru. Kedua, jenis dan sumber data; jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif tentang mutu kompetensi guru yang profesional di MTs kota Pangkalpinang. Dilihat dari sumbernya, ada dua jenis data penelitian ini, yakni data primer dan data sekunder. Ketiga metode pengumpulan data. Keempat teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menganalisis tingkat mutu profesionalisme guru dalam proses belajar-mengajar dan sikap para guru terhadap faktor-faktor pendukung dan penghambat serta sikap guru terhadap upaya-upaya sekolah untuk meningkatkan mutu kompetensi tersebut. Dari hasil penelitian, tampak bahwa kompetensi guru Mts di kota Pangkalpinang bervariasi, yaitu kompetensi profesional guru MTsN Kota Pangkalpinang menunjukan dalam baik sebanyak 11 orang guru (51,817 %), sisanya kategori sedang 8 orang (38,091 %) dan kategori kurang 3 orang (10,001 %). Mutu kompetensi profesional guru MTs Hidayatussalikin kota Pangkalpinang juga cukup baik, yaitu terdapat 11 orang guru (73,47 %), masuk kategori sedang terdapat 2 orang guru (21,98 %) serta masuk kategori kurang 1 orang guru (4,55 %) dan mutu profesional guru MTs Darussalam kota Pangkalpinang juga cukup baik terdapat 7 orang guru (68 %) masuk kategori baik, tingkat sedang terdapat (27 %) atau 2 orang guru dan tingkat mutu kompetensi profesional yang kurang adalah 1 orang guru (5 %). Hal ini dipengaruhi oleh bervariasinya sikap mereka terhadap faktor-faktor pendukung dan penghambat serta sikap guru terhadap upaya-upaya sekolah untuk meningkatkan mutu kompetensi tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:51 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5374 |
Actions (login required)
View Item |