PERAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG DALAM MENJALANKAN FUNGSI MANAJERIAL PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU TERPADU

HILYAH, ALAN FINANDAR (2020) PERAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG DALAM MENJALANKAN FUNGSI MANAJERIAL PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU TERPADU. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Tesis Cop.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (6).pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (4).pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 (5).pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hilyah Alan Finandar, NIM. 06030128, dengan Judul Tesis “Peran Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Model Palembang dalam Menjalankan Fungsi Manajerial Perspektif Manajemen Mutu Terpadu”. Penelitian ini berupaya menjawab beberapa masalah; pertama tentang peran Kepala Madrasah dalam menjalankan fungsi Manajerial di MTS N 2 Model Palembang dan kedua, apakah peran yang dimainkan oleh Kepala Madrasah dalam menjalankan fungsi Manajerial di MTS N 2 Model Palembang relevan dengan aspek-aspek Manajemen Mutu Terpadu atau tidak. Peran Kepala Madrasah yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu perilaku yang diharapkan oleh komponen sekolah dari seorang kepala sekolah baik itu sebagai pemimpin pendidikan maupun sebagai manajer sekolah, yang diharapkan mampu merangkul semua komponen sekolah agar mau dan mampu bekerja secara maksimal dengan menggunakan seluruh potensi yang dimilikinya. Dengan demikian dapat bekerjasama dengan para guru dan staf karyawan lainnya untuk menjalankan fungsi manajerial, seperti perencanaan, pengendalian dan perbaikan organisasi. Dari fungsi manajerial ini penulis melihat bagaimana peran yang dilakukan oleh kepala MTSN 2 Model Palembang, agar fungsi manajerial tersebut mampu dilaksanakan sehingga dapat menciptakan perubahan yang berarti bagi sekolah untuk mewujudkan sekolah yang bermutu. Dalam penelitian ini penulis memberikan hipotesa yakni Peran Kepala Madrasah dalam menjalankan fungsi manajerial di MTS N 2 Model Palembang relevan dengan aspek-aspek konsep Manajemen Mutu Terpadu. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan para karyawan, untuk mendapatkan data tersebut maka data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan metode wawancara kepada kepala sekolah dan diperkuat dengan penyebaran angket kepada para guru dan karyawan didapatkan hasil bahwa peran yang dimainkan oleh Kepala Madrasah dalam menjalankan fungsi manajer di MTS N 2 Model Palembang cukup relevan dengan aspek-aspek konsep manajemen mutu terpadu, ini terlihat dari hasil pengolahan data penyebaran angket tersebut dengan menggunakan perhitungan statistik didapatkan hasil; sebanyak 43 orang guru dan karyawan (66,15%) menilai bahwa peran kepala Madrasah cukup relevan dengan aspek-aspek konsep Manajemen Mutu Terpadu. Dengan adanya program-program peningkatan mutu pendidikan yang dirancang oleh kepala sekolah dan didukung oleh para guru dan karyawan, sehingga pada akhirnya membawa dampak yang positif terhadap peningkatan mutu siswa-siswi MTS N 2 Model Palembang baik itu prestasi akademik maupun non akademik yang telah diraih. Dalam mengimplementasikan Manajemen Mutu Terpadu diperlukan kepala sekolah yang mampu memberdayakan seluruh komponen yang ada di sekolah, sehingga mereka memiliki kemauan dan kemampuan untuk bersama warga sekolah yang lain untuk mencapai visi yang telah dirumuskan bersama. Kepala sekolah sebagai komitmen yang paling menentukan di sekolah hendaklah mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme seluruh tenaga kependidikan yang ada di sekolahnya, termasuk guru di dalamnya. Dengan demikian, Mutu yang diinginkan pada sebuah madrasah dapat terwujud, dengan adanya komitmen seluruh personil sekolah untuk selalu terus menerus memperbaiki kinerja yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:03
Last Modified: 03 Jan 2020 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item View Item