IMPLEMENTASI FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I PALEMBANG

MAWARDI, MAWARDI (2020) IMPLEMENTASI FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
cover dll.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (3).pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (5).pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Abstrak Peningkatan kualitas pendidikan tidak terlepas dari kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, diharapkan lembaga pendidikan akan menjadi lembaga yang mampu menghadapi tantangan masa depan dengan efektif. Salah satu strategi peningkatan mutu pendidikan ini adalah dengan penguatan pada lembaga-lembaga pendidikan yang hal ini berupa fungsi perencanaan pembelajaran. Melalui ini diharapkan pengelolaan pembelajaran akan menjadi lebih baik dan berkualitas karena pada tingkat tersebut menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam mengajar akan lebih terarah dan menjadi pedoman pelaksanaan pembelajaran di kelas. Berdasarkan latar belakang itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang Implementasi fungsi perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran agama di MTsN I Palembang. Adapun permasalahan penelitian yang diajukan adalah: pertama, apa saja bentuk-bentuk perencanaan pembelajaran yang disiapkan guru PAI di MTsN 1 Palembang? Kedua, bagaimana penerapan fungsi perencanaan pembelajaran di MTs Negeri 1 Palembang? Ketiga, apa saja faktor-faktor yang menjadi kendala dan pendukung penerapan fungsi perencanaan pembelajaran? Keempat, Apa saja upaya guru MTsN 1 Palembang dalam meningkatkan kemampuan fungsi perencanaan pembelajaran? Tujuan penelitian ini, antara lain: menggali dan sekaligus mendeskripsikan fungsi perencanaan pembelajaran oleh guru MTsN 1 Palembang; mengungkapkan penerapan fungsi perencanaan pembelajaran di MTs Negeri 1 Palembang. mendeskripsikan upaya guru di MTsN 1 Palembang dalam meningkatkan kemampuan fungsi perencanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan mengunakan instrumen wawancara terbuka kepada guru yang dijadikan responden. Guru yang menjadi responden dengan kriteria utama mengajar mata pelajaran agama dan guru tetap. Jumlah guru yang menjadi responden dengan kriteria itu sebanyak 8 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk-bentuk perencanaan pembelajaran yang disiapkan guru PAI di MTsN 1 Palembang dapat dirumuskan adalah: program tahunan, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), rencana bahan ajar, alat evaluasi, dan silabus. Kedua, Penerapan fungsi perencanaan pembelajaran mata pelajaran Agama oleh guru di MTsN 1 Palembang sudah sesuai dengan fungsinya sebagai suatu proses merancang, mengarahkan dalam upaya mencapai hasil yang diinginkan dalam pembelajaran agama. Perencanaan pembelajaran dipahami sebagai suatu aktivitas merencanakan berupa menyusun tujuan pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien, menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran agar bahan pembelajaran yang akan disampaikan mampu mencapai tujuan standar yang diatur dalam perencanaan pembelajaran. Dalam menerapkan fungsi perencanaan pembelajaran di MTs Negeri 1 Palembang, secara umum dipengaruhi oleh dua faktor, yakni internal dan eksternal. Ketiga, dalam penerapan fungsi perencanaan pembelajaran di MTsN I Palembang, terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor kendala bagi guru dalam meningkatkan kemampuan fungsi perencanaan pembelajaran antara lain; guru masih belum mampu mengelaborasi antara materi dalam modul dengan realitas kekinian, belum adanya rekapitulasi penilaian keadaan siswa yang kongkret dan bisa dijadikan standar dan bahan kajian untuk perencanaan pembelajaran, beban mengajar guru tidak sesuai dengan beban maksimal setiap guru yang membuat perencanaan pembelajaran yang dibuat sering berubah dan tidak konsisten, tidak adanya ketegasan pimpinan madrasah dalam memberikan reward dan punisment atas perencanaan dan penerapan belajar oleh guru, dan belum adanya media visual yang memadai dan dapat digunakan dalam keragaman menerapkan perencanaan pembelajaran. Keempat, Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan perencanaan pembelajaran, antara lain; guru berupaya untuk melaksanakan tugas-tugas perencanaan pembelajaran secara lebih profesional, memahami kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional, kompetensi pengelolaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:02
Last Modified: 03 Jan 2020 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5411

Actions (login required)

View Item View Item