PUTRA, NIKO (2019) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS NEGERI 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan matematika realstik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 1 Palembang. Jenis True Experimental Desain yang digunakan yaitu dengan menggunakan Postest-Only Control Design. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Sampel yang kedua berjumlah 35 untuk kelas kontrol dengan pendekatan konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang diberikan berupa tes dengan tipe uraian sebanyak 4 soal. Analisis data menggunakan uji-t dari kedua kelompok diperoleh nilai thitung sebesar 4,769 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 2,248 yaitu sebesar 2,441, maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 03:19 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 03:19 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5455 |
Actions (login required)
View Item |